nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Unik Pengawas Sekolah Hadapi Guru Malas Baca

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Sabtu 08 April 2017 12:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 08 65 1662290 cara-unik-pengawas-sekolah-hadapi-guru-malas-baca-amkPoFggQe.jpg Para guru membaca buku sebelum pertemuan rutin. (Foto: Dok. USAID)

JAKARTA - Kebiasaan membaca menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan literasi. Namun, hal ini tak cukup dilakukan oleh siswa, melainkan juga guru hingga kepala sekolah.

Salah satu pengawas sekolah di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Irlidya, punya cara tersendiri dalam menghadapi guru-guru yang malas membaca. Bahkan, dia menerapkan kegiatan baca 15 menit di setiap pertemuan kepala sekolah di wilayah pengawasannya.

"Agar terbiasa membaca siswa di sekolah terlaksana dengan baik, hal yang penting sekali dilakukan adalah keteladanan atau memberi contoh. Kepala sekolah harus menjadi contoh bagi guru dan siswanya. Demikian juga guru pada siswanya," tuturnya dilansir keterangan tertulis yang diterima Okezone, Sabtu (8/4/2017).

Para guru, sambung Irlidya, juga diminta untuk membeli buku satu bulan minimal satu kali. Gerakan ini kemudian diberi nama ‘one teacher one book’. Jika kepala sekolah tidak melakukan gerakan ini, dia tidak akan menandatangani berkas kepala sekolah dan guru yang bersangkutan.

"Buku-buku yang mereka beli banyak terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan, misalnya menjadi kepala sekolah profesional, manajemen sekolah, metodologi mengajar, dan masih banyak lagi," terangnya.

Perempuan yang mengawasi 17 sekolah di wilayahnya itu menambahkan, dampak gerakan membaca sudah mulai terlihat dengan dibangunnya taman baca di beberapa sekolah. Selain itu, kepala sekolah dan guru-guru yang dulunya tidak terbiasa membeli buku kini terlihat memiliki beragam buku, bahkan menemani siswanya membaca.

"Kegiatan membaca 15 menit juga aktif dilakukan sebelum pertemuan para guru yang dilakukan dua kali dalam satu bulan," pungkasnya. (ira)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini