nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ya Ampun! Pesan Senjata Api Lewat Online, Remaja 14 Tahun Ditahan Polisi

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Minggu 09 April 2017 03:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 04 09 18 1662610 ya-ampun-pesan-senjata-api-lewat-online-remaja-14-tahun-ditahan-polisi-EFfpWKXFAR.jpg Lambangan Kepolisian Irlandia Utara. (Foto: PSNI)

COLERAINE - Seorang remaja berusia 14 tahun harus berurusan dengan hukum setelah ketahuan membeli senjata api (senpi) jenis Russian sub-machine beserta seratus butir amunisi. Pembelian tersebut dilakukan secara online melalui web yang memperjualbelikan senpi secara ilegal.

Remaja yang tak disebutkan identitasnya tersebut ditangkap saat hendak bertransaksi dan memberikan uang tunai sekira Rp2,1 juta untuk membayar pesanannya tersebut di Taman Riverside di Coleraine, Irlandia Utara. Seorang polisi menyebutkan, motif remaja tersebut membeli senjata diyakini untuk mengintimidasi orang lain.

"Dalam komunikasi yang dilakukan dengan terdakwa ada indikasi bahwa ia berniat untuk mengintimidasi pihak ketiga," terang perwakilan polisi setempat sebagaimana diwartakan Belfast Telegraph, Minggu (9/4/2017).

Remaja tersebut kini dilaporkan tengah menjalani persidangan. Ia datang dengan didampingi ayahnya dan dijaga ketat oleh tiga orang polisi.

Di persidangan, remaja tersebut sempat mengaku membeli senjata api tak berfungsi hanya sebagai koleksi. Namun, senjata yang dibelinya tersebut diketahui dalam kondisi baik dan siap dipakai.

Sementara itu, terduga pelaku penjualan senjata diduga merupakan seorang pria asal Jamaika. Dan kini polisi tengah memburu pria yang disebut-sebut juga aktif menjual senpi secara ilegal melalui Facebook.

Berdasarkan keputusan pengadilan, remaja yang masih di bawah umur tersebut tidak ditahan melainkan bebas bersyarat dengan jaminan sejumlah uang. Pengadilan diketahui juga melarang remaja itu keluar rumah di malam hari. Selain itu, ia juga dilarang memegang alat elektronik seperti ponsel dan laptop atau pun bermain internet. (rav)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini