Terkait Korut, PM Jepang Puji Komitmen Keamanan Trump

Emirald Julio, Okezone · Minggu 09 April 2017 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 09 18 1662732 terkait-korut-pm-jepang-puji-komitmen-keamanan-trump-1tgZX3mv0X.jpg Foto PM Jepang Shinzo Abe dengan Presiden AS Donald Trump (Foto: Reuters)

TOKYO – Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe pada Minggu 9 April 2017 memuji komitmen kuat Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terhadap keamanan sekutu dan dunia.

Abe dilaporkan mengatakan hal tersebut usai ia berdialog dengan Trump melalui sambungan telefon. Sebagaimana dikutip dari Reuters, Minggu (9/4/2017) keduanya juga sepakat agar AS, Jepang dan Korea Selatan tepat saling berkomunikasi terkait perihal Korea Utara (Korut).

Selain itu, Abe dan Trump juga sepakat untuk mengawasi respon dari China terhadap pengembangan rudal dan nuklir Korut. Reuters mewartakan, ini merupakan sambungan telefon kedua antara Trump dan Abe dalam empat hari terakhir ini.

Pada sambungan telefon pertama, tepatnya sehari setelah uji coba peluncuran rudal Scud Korut, Abe menyatakan bahwa ia dan Trump setuju bahwa aksi uji coba itu merupakan provokasi berbahaya dan ancaman serius. Pujian Abe ini hampir bersamaan dengan kabar AS mengirim kapal perangnya, USS Carl Vinson, ke wilayah Semenanjung Korea.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini