Image

Presiden Trump Bahagia Hakim MA Pilihannya Dilantik

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa, 11 April 2017 - 09:01 WIB
Presiden AS Donald Trump menjabat tangan Hakim MA Neil Gorsuch (Foto: Joshua Roberts/Reuters) Presiden AS Donald Trump menjabat tangan Hakim MA Neil Gorsuch (Foto: Joshua Roberts/Reuters)

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump sedang berbahagia. Sebab, calon Hakim Mahkamah Agung (MA) pilihannya, Neil Gorsuch, baru saja diambil sumpah jabatan di Gedung Putih, Washington. Pria asal Colorado itu akan menjabat sebagai Hakim MA hingga akhir hayatnya.

Dengan demikian, lengkap sudah formasi sembilan orang hakim agung di MA. Sempat terjadi tarik ulur di Senat AS sebelum penyetujuan tersebut pada Jumat 7 April. Penunjukkan Gorsuch sangat penting karena bisa menentukan kebijakan politik AS di bawah pemerintahan Donald Trump.

“Bersama kita sedang dalam proses meninjau kembali, memperbarui, dan membangun kembali negara kita. Optimisme dan kepercayaan baru akan AS menyebar serta mengisi hati kita,” ujar Presiden Donald Trump dalam pidatonya usai pelantikan, mengutip dari Reuters, Selasa (11/4/2017).

Neil Gorsuch akan mengisi kekosongan selama 14 bulan setelah ditinggal oleh Hakim Antonin Scalia. Pria asal New Jersey itu meninggal dunia dalam kecelakaan mobil pada Februari 2016. Mantan Presiden Barack Obama sempat mengusulkan pengganti, tetapi digagalkan oleh Senat AS.

Neil Gorsuch akan bersua kembali dengan Hakim Anthony Kennedy yang pernah menjadi atasannya saat meniti karier sebagai pengacara muda. Kennedy juga yang mengambil sumpah jabatan Gorsuch di Gedung Putih pada Senin 10 April siang waktu setempat.

Secara khusus, Donald Trump berterima kasih kepada Senator Mitch McConnell atas perannya dalam menyetujui Neil Gorsuch. Ia berhasil mengakhiri blokade terhadap nominasi Gorsuch oleh senator asal Partai Demokrat. McConnell pula yang berperan menggagalkan calon pengganti pilihan Barack Obama, Merrick Garland, hingga jabatan itu kosong selama 14 bulan.

(rfa)

  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming