Image

Pasca-Banjir Bandang & Longsor, Jalan Lintas Aceh-Medan Sudah Dapat Dilintasi

Rayful Mudassir, Jurnalis · Kamis, 13 April 2017 - 09:45 WIB
Banjir bandang landa Aceh Tenggara (foto: Basarnas) Banjir bandang landa Aceh Tenggara (foto: Basarnas)

BANDA ACEH - Pasca-banjir bandang disertai longsor di Aceh Tenggara, akses jalan di wilayah bencana alam itu sudah mulai dapat dilintasi. Kondisi ini setelah alat berat berupa eskavator berhasil menyingkirkan puing-puing longsor di badan jalan.

Empat eskavator dikerahkan untuk membersihkan badan jalan sejak kemarin. Saat bencana terjadi sekitar pukul 18.30 WIB pada Selasa lalu, sejumlah material seperti bebatuan, kayu dan lumpur berserakan di area bencana hingga memutuskan akses jalan.

"Alhamdulillah akses jalan sudah lancar, sudah dapat dilewati kendaraan," kata Yanti, Kasi Logistik Bagian Kedaruratan BPBD Aceh Tenggara kepada Okezone, Kamis (13/4/2017).

Akses jalan yang sempat lumpuh sebelumnya, kata Yanti, terjadi di lintas Aceh Tenggara - Medan dan sejumlah lokasi di wilayah bencana.

Sementara saat ini kondisi rumah warga pasca-banjir kebanyakan berlumuran lumpur hingga ke atap rumah. Bahkan batu gunung dan puing-puing kayu juga memenuhi seisi rumah warga.

Data terakhir tercatat, 176 rumah mengalami rusak berat, 91 rusak sedang dan 139 rumah warga mengalami rusak ringan. Jumlah ini belum termasuk kerusakan dua rumah ibadah di dua kecamatan terkena bencana, Lawe Sigala Gala dan Semadam.

Sementara itu akibat bencana ini setidaknya 2.476 jiwa terpaksa mengungsi ke posko pengungsian yang telah dibangun oleh petugas BPBD setempat. "Kita sudah bangun empat titik pengungsian di dua kecamatan itu," pungkasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming