Image

Bawaslu Usut Dugaan Mobilisasi Bank DKI untuk Kampanye Pilkada

Silviana Dharma, Jurnalis · Jum'at, 14 April 2017 - 14:47 WIB
Ilustrasi. Bank DKI. (Foto: Heru Haryono/Okezone) Ilustrasi. Bank DKI. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu ) DKI Jakarta meminta waktu lima hari untuk mendalami kasus dugaan mobilisasi Bank DKI untuk kampanye. Ketua Bawaslu DKI Jakarta, Mimah Susanti menyebut semua laporan pelanggaran yang masuk harus ditelusuri lebih dahulu.

“Iya, kami tidak bisa langsung memutuskan. Harus di-crosscheck lebih dulu, nanti lima hari setelah pelaporan baru bisa dinyatakan salah atau tidak,” ujarnya kepada Okezone, Jumat (14/4/2017).

Mimah mengungkap, sejauh ini pihaknya masih terus memanggil pihak-pihak terkait. Ia juga akan meminta keterangan langsung, baik dari pihak pelapor maupun terlapor. Nantinya, berdasarkan hasil dengar pendapat dan penelusuran tersebut, baru lah Bawaslu menyatakan sikap.

Tim Advokasi Pemenangan Anies-Sandi melaporkan dugaan mobilisasi Bank DKI untuk kampanye pilkada kepada Bawaslu pada Rabu 12 April 2017.

Tim Anies-Sandi mengaku mendapatkan bukti yang menunjukkan bahwa Bank DKI diduga digerakkan demi kepentingan pilkada. Modusnya dengan menggalakkan penerbitan buku rekening Simpeda untuk masyarakat lanjut usia (lansia).

Rekening itu disinyalir menjadi syarat untuk mencairkan dana bantuan bagi lansia senilai Rp600 ribu setiap bulan dari Pemprov DKI Jakarta. Dana tersebut dicairkan selama tiga bulan sekali sehingga menjadi Rp1.800.000.

“Katanya nanti mereka akan ditransferkan dana bantuan per bulan. Tetapi ada satu buku rekening yang sudah kami lihat tidak ada saldonya,” ungkap tim advokasi pemenangan Anies-Sandi, Amir Hamzah.

Ia menjelaskan, kekosongan buku rekening tersebut aneh. Sebab biasanya setiap bank mengatur harus ada saldo minimal untuk bisa membuka rekening. Sementara, itu tidak ada sama sekali.

“Kalau pun itu memang program dari Pemprov DKI, anggarannya termuat di mana?” pungkasnya.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming