Soal Pendidikan, Anies Baswedan Teladani Ki Hajar Dewantara

Iradhatie Wurinanda, · Jum'at 14 April 2017 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 14 65 1667414 soal-pendidikan-anies-baswedan-teladani-ki-hajar-dewantara-TbVJusi16p.jpg Foto: Dok. Okezone

JAKARTA - Bagi Anies Baswedan, sekolah sebagai tempat menimba ilmu harus seperti taman yang menyenangkan. Maksudnya, bukan semata-mata untuk bersenang-senang, tetapi mampu menumbuhkan kecintaan terhadap belajar kepada para siswanya.

Anies menilai, sistem pendidikan perlu memunculkan unsur penumbuhan karakter secara lengkap. Sehingga, selama belajar anak tidak hanya fokus mengejar angka, tetapi juga berinteraksi dengan manusia serta lingkungan.

"Jadi jangan sampai belajar diartikan dengan meraih angka. Angka itu hanya salah satu komponen kecil. Tetapi di sini saya tekankan bahwa mengejar akademis itu juga penting," ujarnya.

Siapa sangka, gagasannya mengenai konsep pendidikan tersebut terinspirasi dari sosok Ki Hajar Dewantara. Menurut dia, setiap pendidik harus membaca buku-buku karangan Bapak Pendidikan Indonesia tersebut.

"Di dalam ilmu pendidikan itu banyak sekali tokoh-tokohnya. Tapi saya melihat salah satu tokoh yang pemikirannya luar biasa itu Ki Hajar Dewantara. Beliau menuliskan banyak hal 70-80 tahun yang lalu, dan apa yang dituliskannya itulah pendidikan yang diterapkan di negara maju," tuturnya.

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu menjelaskan, di Indonesia, pemikiran Ki Hajar Dewantara justru belum diterapkan sepenuhnya. Bahkan, tak banyak pendidik yang membaca buku Ki Hajar Dewantara.

"Ketika saya menjabat sebagai Mendikbud, saya kumpulkan kepala dinas dan saya tunjukkan buku itu, tetapi belum ada yang pernah baca. Lantas bagaimana kita mau menyusun pendidikan. Akhirnya waktu itu dicetak kembali dan sekarang mulai banyak yang baca," pungkasnya. (ira)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini