nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah HIV AIDS, KPA DIY Ingatkan Pola Hidup Sehat

Prabowo, Jurnalis · Jum'at 14 April 2017 17:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 14 65 1667647 cegah-hiv-aids-kpa-diy-ingatkan-pola-hidup-sehat-Ybqg3KDEox.jpg Foto: Ilustrasi (Okezone)

YOGYAKARTA - Jumlah penderita HIV (human immunodeficiency virus) dan AIDS (acquired immunodeficiency syndrome) terus meningkat secara nasional. Celakanya, sebagian besar penderita berasal dari usia produktif.

Salah satu faktor penyebab terbesar karena gaya hidup yang sering berganti-ganti dalam hubungan badan. Pola itu cukup rentan dalam penularan virus tersebut.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Daerah Istimewa Yogyakarta, Riswanto mengatakan, data sepanjang 2016, jumlah penderita HIV mencapai angka 3.688 orang. Sementara untuk penderita AIDS mencapai angka 1.450 orang.

"DIY menempati peringkat kesembilan dengan jumlah terbanyak penderita HIV/AIDS secara nasional," katanya kepada wartawan, Jumat (14/4/2017).

Pihaknya menggandeng Dinas Pendidikan, khususnya guru SLTA untuk memberi materi tentang pencegahan virus penyakit mematikan itu di sekolah. Dalam menyusun silabus, materi yang diajarkan tentang bagaimana mendeteksi, mengenali, dan mencegah sejak dini.

"Upaya pencegahan terus kita lakukan dengan melibatkan semua pihak. Tak hanya guru sekolah, orangtua, dan masyarakat, tapi juga pemangku kebijakan agar jumlah penderita HIV AIDS bisa dikurangi," ujarnya.

HIV sendiri merupakan virus dan pemicu tertentu yang menyebabkan infeksi. Virus ini hanya menginfeksi manusia dan menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga membuatnya tidak mampu bekerja secara optimal.

Para ahli belum mengerti mengapa sistem imun tubuh tidak mampu mengalahkan HIV secara tuntas. Namun sudah ditemukan pengobatan guna mengendalikan virus ini secara efektif.

Sementara AIDS adalah suatu kondisi atau sindrom yang dapat disebabkan HIV. Sindrom ini berkembang ketika HIV sudah sangat merusak sistem kekebalan tubuh sehingga menyebabkan kematian. (ira)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini