Share

Rayakan Kelahiran Sang Putra Matahari, Korut Keluarkan Ancaman

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Sabtu 15 April 2017 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 15 18 1668086 rayakan-kelahiran-sang-putra-matahari-korut-keluarkan-ancaman-UIM50tJhxY.jpg Parade truk militer melewati jalanan Pyongyang sehari sebelum Hari Matahari (Foto: Damir Sagolj/Reuters)

PYONGYANG – Ketegangan antara Korea Utara (Korut) dengan Amerika Serikat (AS) tidak menghalangi parade untuk memperingati hari kelahiran Kim Il-sung ke-105. Pria berjuluk Putra Matahari itu adalah pendiri Korea Utara sekaligus kakek dari sang Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un.

Ratusan truk militer yang mengangkut warga Korut memenuhi jalan-jalan di Ibu Kota Pyongyang menuju Alun-Alun Kim Il-sung. Kendati demikian, perayaan tersebut juga disisipi dengan peringatan kepada AS untuk mengakhiri histeria militer atau bersiap menghadapi risiko serangan balasan dari Korut.

“Semua retorika provokatif dari AS di bidang politik, ekonomi, dan militer berdasarkan kebijakan permusuhan dengan DPRK (Republik Demokratik Rakyat Korea), akan digagalkan melalui aksi balasan oleh rakyat dan tentara DPRK,” ujar seorang juru bicara Staf Umum Tentara Rakyat Korea yang dikutip oleh agen berita Korut, KCNA, sebagaimana dilansir Reuters, Sabtu (15/4/2017).

“Aksi balasan terhadap AS dan pasukan angkatan laut akan dilakukan tanpa belas kasihan karena kami tidak ingin para agresor bertahan. Histeria militer AS sudah mencapai fase berbahaya yang tidak lagi bisa diabaikan,” sambung pernyataan tersebut.

Korut juga mengejek AS yang mengirim kapal induk bertenaga nuklir USS Carl Vinson ke kawasan Asia Timur. Pyongyang menganggap Washington sedang membawa aset nuklir strategis yang besar dengan mengirimkan USS Carl Vinson. Korut mengaku tidak akan takut dengan ancaman apapun.

“Pemerintah AS, yang melakukan serangan rudal jelajah kejutan ke Suriah pada 6 April, telah memasuki jalur ancaman terbuka dan pemerasan. Tentara dan rakyat DPRK akan selalu melawan dengan gagah berani siapapun yang berupaya merusak harga diri dan kedaulatan negara,” ujar pernyataan resmi militer Korut.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini