nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

VIDEO: Netizen Geram Akibat Rekaman Pemuda Kashmir Diikat di Kap Mobil

Emirald Julio, Jurnalis · Sabtu 15 April 2017 20:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 15 18 1668314 video-netizen-geram-akibat-rekaman-pemuda-kashmir-diikat-di-kap-mobil-y7xeUinVSt.jpg Potongan gambar Farooq Ahmad Dar yang diikat di kap mobil jip tentara India (Foto: Istimewa)

SRINAGAR – Sebuah video yang saat ini viral di India dilaporkan langsung menuai kontroversi dan memicu kegeraman para netizen. Pada video itu terlihat seorang pemuda di Kashmir yang diikat di depan kap mobil tentara India.

Sebagaimana dikutip dari Hindustan Times, Sabtu (15/4/2017), pemuda di dalam video tersebut bernama Farooq Ahmad Dar (26). Ia mengatakan baru saja selesai mengantre di tempat pemungutan suara pemilu lanjutan Srinagar Lok Sabha.

Video: Youtube indian frankeinstein

Namun ketika ia menuju rumah adiknya menggunakan motor, tentara India menangkapnya. Tidak hanya ditangkap, ia juga diikat di depan kap mobil dan dibawa keliling desa-desa lainnya selama berjam-jam.

“Saya diikat pada pukul 10.00 dan baru dilepas dari jip itu sekira pukul 17.30. Tuhan tahu berapa kilometer mereka tempuh dengan saya terikat di depan kap. Saya pikir saya akan dibunuh,” ujar Farooq Ahmad Dar.

Video yang sudah telanjur viral itu langsung menuai kontroversi dan mendaratkan kritikan tajam ke arah tentara India yang diklaim melanggar hak asasi manusia. Penyelidikan internal militer India menyatakan Dar merupakan salah satu tersangka pelempar batu yang terlibat dalam aksi anti-pemilu.

Namun Dal membantah keras tuduhan tersebut. “Tolong periksa nama saya di daftar pemilih, jika saya memilih demokrasi, mengapa saya menghentikan orang lain untuk memilih dan melempar batu?” pungkasnya.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini