Share

Sehari Setelah Parade Militer, Uji Coba Rudal Korut Kembali Gagal

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 16 April 2017 08:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 16 18 1668613 sehari-setelah-parade-militer-uji-coba-rudal-korut-kembali-gagal-MsHgrA6dHK.jpeg Rudal balistik antar benua yang dipamerkan Korut dalam parade militer pada Sabtu, 15 April 2017. (Foto: AP)

SEOUL โ€“ Korea Selatan (Korsel) meyakini tetangganya Korea Utara (Korut) telah gagal meluncurkan rudal dari wilayah pantai timurnya. Kejadian ini hanya berselang sehari setelah negara terisolasi itu menggelar pawai senjata militer pada perayaan hari kelahiran pendiri negara Kim Il-sung.

โ€œKorut mencoba menguji rudal dengan tipe yang tidak teridentifikasi dari pelabuhan timur Sinpo,โ€ demikian pernyataan dari Kementerian Pertahanan Korsel seperti dilansir BBC, Minggu (16/4/2017), menambahkan bahwa upaya itu gagal.

Komando Pasifik Amerika Serikat (AS) juga mengonfirmasi bahwa upaya uji coba rudal korut itu gagal, mengatakan rudal tersebut langsung meledak. Kementerian Pertahanan Korsel mengatakan masih menyelidiki peluncuran itu untuk mencari detail lebih lanjut. ย ย 

Sejak tahun lalu, Korut telah setidaknya telah tujuh kali gagal melakukan uji coba rudal balistik.

Pada Sabtu 15 April, Korut memperingati hari lahir pendiri negara Kim Il-sung yang ke-105 dengan parade besar yang memperlihatkan kekuatan dan perlengkapan militernya. Dalam parade itu ditampilkan juga rudal balistik antarbenua (ICBM) terbaru, Pukguksong-2.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini