Image

Suzuki Patenkan Skuter Berpenggerak 2 Roda

Anton Suhartono, Jurnalis · Selasa, 18 April 2017 - 14:45 WIB
Suzuki patenkan skuter hybrid dengan motor listrik penggerak roda depan (Kantor Paten dan Merek Dagang AS) Suzuki patenkan skuter hybrid dengan motor listrik penggerak roda depan (Kantor Paten dan Merek Dagang AS)

WASHINGTON - Suzuki mengajukan paten skuter berpenggerak dua roda. Paten diajukan sejak Oktober 2016, namun baru dipublikasikan oleh Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat.

Dikutip dari Motorcycle.com, Selasa (18/4/2017), satu penggerak tambahan menggunakan motor listrik untuk memutar roda depan, di samping mesin konvensional untuk roda belakang.

Gambar paten menunjukkan bahwa skuter yang mengusung mesin hybrid itu merupakan model Burgman 200, namun desain bagian depannya berbeda dibandingkan model Burgman standar.

Swingarm roda depan dilengkapi dengan motor yang terletak di sebelah kiri. Sementara suspensi dan perangkat rem di kanan. Gambar itu lebih menerangkan pada bagaimana pendistribusian bobot sebelah kiri dan kanan roda, namun tidak menerangkan spesifikasi motor listrik yang digunakan.

Swingarm dilengkapi dengan garpu dan poros. Shock absorber terhubung dengan bagian atas kaki garpu dan salah satu poin swingarm yang letaknya di atas as roda.

Cakram dan caliper juga berada di sebelah kanan, menghasilkan disribusi bobot yang optimal serta memberikan akses yang mudah dalam memasang rem dan shock absorber. Motor listrik terhubung dengan gear untuk memberikan tenaga memutar roda.

Sejauh ini belum diketahui kapan Suzuki akan menerapkan teknologi baru ini di model konsep atau produksinya. Hal yang jelas belum ada informasi mengenai spesifikasi motor listrik karena hal ini berkaitan erat dengan bobot bagian depan skuter.

Namun ini bukan skuter Burgman pertama yang menggunakan penggerak listrik. Bulan lalu, Suzuki diketahui menguji coba prototipe skuter tampa emisi karbon itu.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming