Image

Astra Daihatsu Masih Menunggu Kepastian Peraturan Mobil LCEP

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Kamis, 20 April 2017 - 09:13 WIB
Logo mobil Daihatsu (Ipravda) Logo mobil Daihatsu (Ipravda)

BANDUNG - Pemerintah tengah mempersiapkan program lanjutan dari low cost green car (LCGC), yaitu low carbon emission program (LCEP). Nantinya kriteria mobil LCEP adalah di atas 1.200 cc. LCEP berbeda dengan LCGC yang mengharuskan pabrikan menggunakan mesin mulai dari 980 sampai 1.200 cc.

Mobil yang masuk program baru itu tidak hanya sebatas mobil dengan mesin konvensional, bisa juga yang sudah mengadopsi sistem hybrid, gas, dan turbo. Kriteria lain dari mobil LCEP adalah standar konsumsi bahan bakar dan mengunakan banyak komponen lokal.

Menanggapi program tersebut, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, mengaku secara teknologi perusahaan sudah memilikinya, namun sampai sekarang peraturannya belum diterbitkan.

"Kami grup Toyota, saat ini Toyota punya mobil berbahan gas, hybrid ada juga, jadi tinggal peraturan," katanya belum lama ini.

Namun, lanjut perempuan yang akrab disapa Amel itu, jika peraturan sudah dikelurkan antara ikut atau tidaknya Daihatsu ke LCEP tergantung dari banyak hal.

"Ya lihat dulu kebijakan itu cocok atau tidak buat kami. Ikut atau enggak kami mesti hitung-hitungan cocok enggak nih, volume berapa, kalau rugi buat apa, kalau begitu Toyota saja yang ikut program tersebut," pungkas Amel. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming