Image

Selain Sarjana, UNY Juga Rekrut Mahasiswa Pascasarjana Gunakan CBT

Foto: Ilustrasi Okezone

Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Proses seleksi menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) tidak hanya berlaku bagi penerimaan mahasiswa di jenjang Sarjana (S-1). Namun, di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) juga memberlakukan pengrekrutan menggunakan CBT bagi mahasiswa di jenjang pascasarjana

Pada 2017 ini, UNY melakukan sebuah inovasi baru dengan melakukan seleksi pada mahasiswa pascasarjana menggunakan sistem CBT. Awalnya mereka memberlakukan dengan menggunakan sistem PBT, namun kemudian diubah dengan menggunakan teknologi dan menggunakan CBT.

Karakter dalam seleksi berbasis CBT ini sama dengan seleksi pada sistem PBT sebelumnya. Hal yang berbeda hanya pada perangkatnya saja, yakni dengan mengerjakan soal-soalnya menggunakan komputer. Dalam sistem menilaian pun dilakukan langsung oleh komputer.

Tahun-tahun sebelumnya, UNY melakukan seleksi penerimaan mahasiswa pascasarjana dengan menggunakan sistem PBT. Dimana tes tersebut terdiri dari Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) yang terdiri dari kemampuan verbal, tes kemampuan numeric dan tes logika abstrak, serta tes kemampuan berbahasa Inggris.

Khusus bagi calon mahasiswa di jenjang Doktoral (S-3), usai mereka menyelesaikan ujian CBT masih ada lagi ujian yang perlu untuk dilakukan yakni ujian wawancara. Tes ini sendiri dilakukan untuk bisa menilai kesiapan serta sejauh mana pemahaman dari para calon mahasiswa yang akan menempuh pendidikan jenjang doktoral.

(sus)
Live Streaming
Logo