Image

Perkenalan Meizu M5 Note, Smartphone Andal dari Tirai Bambu

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis, 20 April 2017 - 08:01 WIB
Meizu M5 Note (Foto: Ist) Meizu M5 Note (Foto: Ist)

JAKARTA - Meizu M5 Note merupakan smartphone kelas menengah yang dirilis pada Desember 2016 lalu. Kurang dari empat bulan sejak diluncurkan, Okezone telah bisa merasakan pengalaman menggunakan smartphone buatan Negeri Tirai Bambu ini. 

Meski hanya beberapa hari ada di tangan redaksi, namun setidaknya kami sempat menjajal beberapa kemampuan yang dimiliki oleh Meizu M5 Note. Seperti apa ulasannya? Berikut pengalaman singkat kami menggunakan smartphone tersebut.

Tampilan

Sepintas tampilan Meizu M5 Note ini mirip dengan kompetitornya dari China, OPPO F1s. Selain karena ukuran layarnya yang sama-sama mengusung 5,5 inci, tampang keduanya juga sulit dibedakan. Meizu M5 Note berkelir putih memiliki tombol fisik membulat di bagian bawah layar. Jika Anda perhatikan OPPO F1s juga memiliki tombol berbentuk serupa di bagian depan.

Salah satu pembeda di antara keduanya ialah dari penempatan kamera selfie. Jika OPPO meletakkan modul kamera depan di samping kiri mikrofon, maka Meizu M5 Note memosisikannya di samping kanan. 

Resolusi layar yang ditawarkan oleh Meizu ialah 1080 x 1920 piksel (Full HD). Ia memiliki kerapatan piksel per inci (ppi) 403. Adapun sistem operasi yang digunakan ialah Android Marshmallow 6.0. Namun, seperti vendor smartphone lainnya, Meizu pun turut melapisi tampilannya dengan antarmuka milik sendiri yakni Flyme 5,2.

Smartphone berbalut material logam ini memiliki bobot yang cukup berat untuk perangkat seukuranya. Jika dibandingkan dengan pesaingnya, OPPO F1s dan Asus Zenfone 3, Meizu M5 Note sedikit lebih berat saat digenggam. 

Sebagai perbandingan, data GSM Arena menyebut jika bobot OPPO F1s dan Zenfone 3 masing-masing berbobot 160 gram dan 155 gram. Sementara Meizu M5 Note memiliki bobot yang sedikit lebih berat yakni 175 gram. Hanya saja jika dibandingkan dengan Zenfone 3, Meizu M5 Note masih nyaman saat digenggam karena bagian belakang tak dilapisi kaca Gorilla Glass yang membuat licin.

Sayangnya, meski berlabel 'Note' namun Meizu M5 ini tak memiliki pensil stylus yang biasa terdapat di Galaxy Note milik Samsung. Bagian pinggir bawah ponsel berjejer sebuah port audio 3,5 mm, port USB, dan speaker audio. Sementara di ujung atasnya, tak ada lubang colokan maupun tombol fisik yang menempel.

Tombol fisik bisa Anda temukan di samping kanan ponel yang terdapat tombol volume dan tombol daya. Sedangkan satu 'laci' penyimpanan kartu memori dan SIM card terdapat di samping kirinya.

Spesifikasi

Meizu M5 Note ditenagai oleh baterai sebesar 4.000 mAh dan SoC octa-core milik MediaTek MT6755 Helio P10. Empat otak pemrosesan Helio P10 beralan di kecepatan clock sebesar 1,8 GHz dan empat lainnya di kecepatan 1,0 GHz. Unit smartphone yang Okezone terima memiliki kapasitas RAM 3 GB. Hanya saja, Meizu M5 Note memiliki pilihan kapasitas RAM hingga 4 GB.

Penyimpanan internal pun disesuaikan dengan jumlah kapasitas RAM. Di versi 3 GB, Meizu menyediakan ruang internal 16 GB. Sementara di versi 4 GB, terdapat kapasitas internal 32 GB. Keduanya bisa diperbesar dengan dukungan memori eksternal hingga 256 GB yang menggunakan slot SIM card kedua.

Kami sempat menguji Meizu M5 Note dengan menggunakan dua aplikasi benchmark yakni AnTuTu dan Geekbench 3. Pengujian pertama yakni menggunakan aplikasi AnTuTu benchmark. Meizu M5 Note mendapatkan skor akhir sebesar 47.685 dengan masing pengujian 3D (6.105), UX (20.811), CPU (16.190) dan RAM (4.579).

Sedangkan di pengujian kedua, kami menggunakan aplikasi Geekbench 3. Skor akhir dari aplikasi ini yakni mendapatkan 782 poin di pengujian single-core dan di pengujian multi-core Meizu M5 Note mendapatkan hasil akhir 2.936 poin.

Kamera

Bisa dibilang, kamera merupakan sektor persaingan antara Meizu M5 Note dengan Asus Zenfone 3. Pasalnya hasil jeprean Meizu M5 Note terbilang baik untuk smartphone di seri menengah. Uji coba di ruangan terbuka, kamera 13 megapikselnya mampu menangkap cahaya dengan baik dan saturasi warna yang lebih timbul. 

Soal warna, kamera M5 Note tampaknya secara default telah memiliki peningkatan saturasi dibandingkan smartphone lainnya. Oleh karena itu, saat menangkap objek dengan warna mencolok seperti merah, hijau, kuning serta biru, hasilnya akan lebih menonjol. 

Kualitas jepretan dengan kondisi cahaya melimpah menghasilkan foto yang lebih tajam. Sayang, saat diperbesar detail ketajamannya masih sedikit pudar. Namun apabila hanya untuk diunggah di media sosial dan dicetak dalam ukuran 10R, hasilnya masih terlihat jelas.

Hasil minus terlihat saat pengujian di malam hari. Pasalnya Meizu M5 Note menghasilkan foto yang lebih banyak noise dibandingkan Zenfone 3. ​Maklum, bukaan keduanya terpaut sedikit berbeda. Asus Zenfone 3 memiliki nilai bukaan f/2.0, sementara Meizu M5 Note sedikit lebih kecil yakni f/2.2.

Sementara untuk kamera selfie, Meizu M5 Note memiliki ketajaman di 5 megapiksel dan Zenfone 3 di 8 megapiksel. Soal daya serap cahaya, Meizu M5 Note memang lebih unggul dari Zenfone 3. Namun hasilnya masih terlalu banyak noise.

Selain itu karena memiliki saturasi warna lebih tinggi, hasil fotonya seperti memakai filter kala tersorot oleh sinar matahari. Sedangkan Asus Zenfone 3, meski tak memiliki pencahayaan sebaik M5 Note namun ketajamannya bisa dibilang lebih baik.

Kesimpulan

Meski tak memiliki slogan sebagai smartphone fotografi, namun kami cukup terkesan dengan kemampuan fokus dan hasil kamera yang dimiliki oleh Meizu M5 Note. Selain itu saat digenggam, smartphone ini juga jauh dari kata ringkih atau rapuh.

Satu hal yang cukup mengganggu ialah dari segi bobotnya. Mengingat saat ini banyak pengguna smartphone yang memakai casing atau pelindung untuk mempercantik penampilan, rasanya bobot 175 gram terasa berat saat digenggam.​

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming