Tiga Politisi India Disidang Terkait Pembongkaran Masjid Kuno

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 20 April 2017 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 20 18 1672213 tiga-politisi-india-disidang-terkait-pembongkaran-masjid-kuno-o4tdg66Twj.jpg Demonstran memegang plakat memperingati peristiwa pembongkaran masjid Babri pada Desember 2010. (Foto: AP)

NEW DELHI – Tiga tokoh politik dari partai berkuasa India akan dituntut atas tuduhan konspirasi kriminal terkait insiden pembongkaran masjid yang terjadi pada 1992 di Kota Ayodha, utara India. Pembongkaran itu menimbulkan kerusuhan keagamaan di seluruh negeri yang menewaskan sedikitnya 2.000 orang.

Masjid Babri didirikan di Kota Ayodha pada abad ke-16 di lokasi yang diyakini oleh umat Hindu sebagai tempat kelahiran Sri Rama, salah satu dewa paling dihormati dalam agama Hindu. Masjid itu dibongkar pada Desember 1992 oleh massa umat Hindu menggunakan linggis dan tangan kosong.

Diwartakan CNN, Kamis (20/4/2017), L.K. Advani, Uma Bharati, dan Murli Manohar Joshi dari Partai Bharatiya Janata Party (BJP) yang berkuasa akan diadili dalam persidangan terkait kasus ini. Bersama lima pemimpin umat Hindu lainnya, mereka dituduh terlibat dalam konspirasi pembongkaran masjid yang direncanakan sejak 1990.

Pembongkaran Masjid Babri menyulut kerusuhan antaragama di seluruh India yang menelan lebih dari 2.000 nyawa. Puluhan kuil dan masjid juga menjadi sasaran dalam serangan balasan yang dilakukan massa umat Muslim dan Hindu.

Peristiwa itu adalah kekerasan terburuk yang pernah terjadi di India sejak bentrokan berdarah yang mengawali perpisahan India-Pakistan pada 1947. Mahkamah Agung India memutuskan persidangan kasus tersebut harus selesai dalam waktu dua tahun.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini