Image

Wah! Tangki Udara Mati, Penyelam Spanyol Bertahan Hidup 60 Jam di Sungai dalam Gua

Jurnalis · Kamis, 20 April 2017 - 18:05 WIB
Penyelam asal Spanyol Xisco Gracia mampu bertahan hidup selama 60 jam di sungai bawah tanah meski tangki udaranya rusak. (Foto: ist) Penyelam asal Spanyol Xisco Gracia mampu bertahan hidup selama 60 jam di sungai bawah tanah meski tangki udaranya rusak. (Foto: ist)

MADRID - Nasib mujur masih berada di bahu Xisco Gracia. Penyelam asal Spanyol ini mampu bertahan hidup selama 60 jam di sungai bawah tanah meski tangki udaranya mati.

Gracia bertahan hidup dengan memakai kantong gelembung udara saat terjebak di sungai bawah tanah. Ia mengaku telah mulai berhalusinasi karena tangki udaranya mati.

Gracia terjebak di sebuah sungai yang berada dalam sebuah gua di Mallorca pada Sabtu 15 April setelah tangki udaranya tidak berfungsi. Tapi butuh waktu lebih dari dua hari untuk menemukan ahli speleologist dan geografer berpengalaman ini. Saat ditemukan ia tengah duduk dalam kegelapan sendirian.

"Saya kehilangan jejak waktu, saya pikir sudah lima hari, terlalu lama, jadi saya pikir (teman saya) tidak dapat keluar dan tidak dapat menemukan saya," kata Gracia kepada Diario de Mallorca seperti dikutip dari BBC, Kamis (20/4/2017).

"Setelah sekian lama menghirup udara yang dipenuhi dengan karbon dioksida, terkadang saya melihat beberapa benda, seperti lampu atau gelembung, dan saya pikir (seseorang) telah datang untuk menyelamatkan saya, tapi ketika mereka tidak datang, saya berkecil hati," imbuhnya.

Gracia dan rekannya tengah memeriksa topografi gua saat peristiwa itu terjadi. Rekannya kemudian meninggalkan gua dan mencari pertolongan. Namun usaha penyelamatan terhambat oleh jarak pandang di dalam air, yang digambarkan seperti kakao.

Namun, kedua penyelam Spanyol itu dipuji karena melakukan hal yang benar. "Mereka bisa saja mencoba meregangkan satu tabung udara penyelam, tapi pasti itu akan menjadi bunuh diri dan keduanya pasti akan mati," kata Enrique Ballesteros, dari Task Force Underwater Activities of Barcelona.

Gracia, yang berusia 50-an tahun, seorang penyelam berpengalaman dan ahli di bidangnya. Menurut media setempat, ia bertahan dengan minum dari genangan air tawar di dalam plastik gelembung udara, yang tingginya sekira 40 meter di bawah permukaan. Ia ditemukan 900 meter dari pintu masuk gua, sekira tengah malam pada Senin 17 April.

"Dia dirawat di rumah sakit selama semalam, namun tampaknya tidak terluka dan ia merasa sembuh secara mental," menurut Primicia Web.

Guardia Civil setempat mengatakan bahwa mereka akan mempelajari kejadian tersebut untuk mengetahui apakah ada pelajaran yang bisa diambil.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming