Image

Korupsi Semakin Marak, KPK & UGM Rancang Pendidikan Antikorupsi

Foto: Ilustrasi Okezone

Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Semakin maraknya tindak pidana korupsi membuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan berbagai upaya bentuk pencegahan. Salah satunya menggandeng perguruan tinggi untuk mewujudkan pendidikan antikorupsi.

Unversitas Gadjah Mada (UGM) menjadi salah satu kampus yang secara resmi dipilih oleh KPK untuk mewujudkan pendidikan antikorupsi tersebut. Rencananya, KPK bersama UGM akan membentuk beberapa program yang berisi pembelajaran antikorupsi.

Menanggapi hal itu, UGM menyambut dengan tangan terbuka. Kepala Direktorat Kemahasiswaan UGM, Dr. Senawi, mengaku siap untuk mewujudan program tersebut.

“Kami memiliki beberapa rencana program yang siap diajukan kepada KPK dan masih terus dalam tahap koordinasi,” jelas Senawi seperti dilansir dari laman UGM, Kamis (20/4/2017).

Pendidikan antikorupsi di UGM sudah diterapkan secara intensif dalam program pelatihan pendidikan antikorupsi pada Pelatihan dan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB). Saat ini, pihak KPK dan UGM masih berkoordinasi dalam pembuatan materi berisi tentang pembelajaran antikorupsi.

“Respons dan kerja sama yang dijalin oleh KPK begitu baik sehingga saat ini materi tersebut sudah hampir selesai,” ujar Senawi.

Senawi menjelaskan bila materi tersebut telah selesai nantinya akan dibedah kembali agar bisa diaplikasikan dengan baik pada saat PPSMB. Menurutnya, materi pendidikan antikorupsi tersebut rencananya akan diunggah di website agar dapat diunduh dan dipelajari mahasiswa baru yang mengikuti PPSMB kelak.

“Selanjutnya review tentang materi tersebut bisa dilakukan melalui forum group discussion di masing-masing kelompok PPSMB,” jelas Senawi.

Senawi berharap kerja sama dengan KPK dalam memberikan pembelajaran antikorupsi terhadap mahasiswa dab dapat berjalan sukses dan bermanfaat. Menurutnya, korupsi adalah musuh bagi NKRI yang amat berbahaya. Oleh karena itu, perlu dibangun kesadaran karakter untuk tidak melakukan korupsi lewat program pendidikan antikorupsi yang akan diterapkan. Senawi menambahkan pembentukan karakter menjadi mahasiswa yang jujur perlu ditanamkan sebagai pondasi antikorupsi.

“UGM ingin menjadi menara pengetahuan yang bermakna, salah satunya memberikan pengetahuan tentang pendidikan antikorupsi,” ujar Senawi.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x