Image

7 Soft Skill yang Mampu Bikin Fresh Graduate Sukses di Dunia Kerja

Foto: Shutterstock

Foto: Shutterstock

JAKARTA - Sukses meraih IPK belum tentu menjamin kesuksesan di dunia kerja. Setelah lulus, fresh graduate memerlukan keterampilan pendukung atau soft skill dalam meraih karier impiannya.

"Ijazah atau sertifikat saja tidak akan berbunyi apa-apa kalau tidak didukung dengan kemampuan soft skill yang baik," tutur Staf Ahli Bidang Manajemen Kementrian Luar Negeri, Wajid Fauzi, dinukil dari laman Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (20/4/2017).

Pada kesempatan itu, Wajid memberikan pembekalan di hadapan ribuan calon wisudawan program pascasarjana UGM. Menurut dia, setidaknya terdapat tujuh soft skill yang perlu dikuasia fresh graduate dalam menghadapi persaingan dunia kerja.

"Salah satu poin yang diharapkan dunia kerja adalah memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dalam menyampaikan pendapat maupun menyerap perintah yang dikomunikasikan atasan," terangnya.

Skill kedua, lanjut dia, yakni memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah. Kemudian bisa bekerjasama dalam tim, mempunyai kemauan untuk terus belajar, mengambil informasi terbaik bagi perusahaan, serta memiliki kemampuan memimpin.

"Skill yang tak kalah penting adalah memiliki etika kerja. Sementara bagi yang belum berminat masuk ke perusahaan perlu menguasai kemampuan wirausaha yang baik," ucapnya.

Meski begitu memiliki ketujuh skill tersebut, nilai yang terdapat dalam ijazah menjadi hal yang utama. Sedangkan soft skill akan memperlebar pintu kesuksesan dalam berkarier.

"Kalau tujuh poin ini dimiliki, bisa mendukung ijazah dan kesuksesan dalam berkarier," tandas Wajid.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x