Image

Penerapan Pajak Kendaraan Berdasarkan Emisi Masuk dalam Regulasi LCEP

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Jum'at, 21 April 2017 - 12:01 WIB
Ilustrasi emisi kendaraan (Foto: Insureok) Ilustrasi emisi kendaraan (Foto: Insureok)

JAKARTA - Sebagai salah satu komitmen Indonesia menurunkan emisi sebesar 29% pada 2030, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengusulkan penerapan pajak berdasarkan emisi atau carbon tax untuk kendaraan bermotor. Rencananya carbon tax akan dimuat dalam regulasi yang mengatur kendaraan program mobil dengan emisi rendah atau low carbon emission programme (LCEP).

“Ada tiga jenis kendaraan yang akan dicakup dalam penerapan carbon tax ini, yakni mobil berbahan bakar listrik, mobil hybrid, dan mobil berbahan bakar gas. Itu yang akan kami usulkan, namun hasilnya nanti sepenuhnya ada di kewenangan Kementerian Keuangan. Yang jelas, pajak akan ditetapkan berdasarkan CO2 yang dikeluarkan oleh produk automotif,” kata Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) I Gusti Putu Suryawirawan, dalam keterangan resminya kepada Okezone, Jumat (21/4/2017).

Putu yakin lewat penerapan carbon tax bisa meningkatkan daya saing industri automotif baik domestik maupun ekspor. Saat ini, penerapan pajak masih berdasarkan pada isi silinder. 

“Dari sisi manufaktur, mayoritas pabrik kendaraan di dalam negeri telah dinyatakan bebas emisi. Hanya saja produk automotif masih menjadi penyumbang emisi,” paparnya.

Sejalan dengan upaya tersebut, Kemenperin akan melakukan penghitungan terkait tingkat penurunan emisi untuk sektor kendaraan bermotor.

Dalam roadmap industri automotif seharusnya LCEP sudah mulai dikerjakan pada 2016. Proyek Mobil emisi rendah itu merupakan lanjutan dari program kendaraan bermotor hemat bahan bakar dan harga terjangkau (KBH2). Sejauh ini program lanjutan tersebut masih dalam perumusan dan masih menyelesaikan beberapa hambatan mulai dari ketersediaan bahan bakar sampai insentif pajak yang akan diberikan. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming