Image

Korut Coba Mengecoh Dunia dengan Olahraga Voli di Situs Nuklir

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at, 21 April 2017 - 02:02 WIB
Citra satelit menunjukkan aktivitas pekerja Korut di situs nuklir Punggye-ri (Foto: Getty Images) Citra satelit menunjukkan aktivitas pekerja Korut di situs nuklir Punggye-ri (Foto: Getty Images)

WASHINGTON – Para pekerja di situs nuklir Punggye-ri disebut-sebut sangat menikmati hidupnya. Citra satelit dari kelompok pengamat Korea Utara (Korut) yang berbasis di Washington, 38 North, memperlihatkan para pekerja di situs tersebut sedang asyik bermain voli.

Cabang olahraga tersebut diketahui sangat populer di kalangan warga Korea Utara. Kendati demikian, aktivitas itu mengindikasikan bahwa negara serba tertutup tersebut sedang mempersiapkan uji coba nuklir terbaru.

“Kami melihat di tiga lokasi di fasilitas tersebut yakni wilayah administrasi utama, area pendukung, area pusat komando, dan barak penjaga dekat pusat komando, mereka sedang bermain voli,” tutur pengamat North 38, Joe Bermudez, mengutip dari The Guardian, Jumat (21/4/2017).

Citra satelit tersebut dapat diartikan sebagai persiapan terakhir secara fisik bagi para pegawai untuk uji coba nuklir. Namun, mengingat otoritas Korut cukup waspada terhadap satelit komersial di udara, aktivitas tersebut bisa saja merupakan penyamaran untuk menipu dunia internasional.

“Fasilitas nuklir tersebut nampak sedang dalam status siaga. Juga diartikan mereka paham kita akan melihat serta melaporkan kegiatan berolahraga itu. Mereka seakan mengirimkan pesan bahwa fasilitas tersebut berstatus siaga atau sedang mencoba menipu kita,” sambung Bermudez.

Ia menambahkan, gambar-gambar tersebut menunjukkan adanya bukti pekerjaan pemasangan terowongan. Namun, tidak ada sama sekali tanda-tanda pemompaan keluar air dari sistem di mana uji coba nuklir dilakukan.

Sempat beredar spekulasi bahwa Korut akan melakukan uji coba nuklir keenam dalam 10 tahun terakhir. Uji coba tersebut sengaja dilakukan dalam waktu berdekatan dengan perayaan Hari Matahari, yakni hari lahir sang pendiri Korut, Kim Il-sung.

(war)

  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming