Image

FOKUS: April-Mei, Bulan Penuh Libur...Sudah Berencana Mau ke Mana?

Randy Wirayudha, Jurnalis · Sabtu, 22 April 2017 - 07:32 WIB
Ilustrasi liburan (Foto: Shutterstock) Ilustrasi liburan (Foto: Shutterstock)

BOGOR, Bandung hingga ke arah Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur, kembali jadi “sasaran” warga Jakarta Depok, Tangerang, serta Bekasi untuk melancong di momen long weekend atau libur panjang 22-24 April 2017. Yang pasti, berbagai jalur yang mengarah ke sana so pasti macet ya, terutama yang bawa kendaraan pribadi.

Long weekend kali ini juga sedianya jadi liburan panjang ketiga tahun ini dari sekira 11 libur panjang yang sudah jadi “jaminan” di sepanjang 2017. Sebelumnya, ada liburan panjang 25-28 Maret yang berbarengan dengan cuti bersama (27 Maret) dan tanggal merah Hari Raya Nyepi (28 Maret).

Lalu sebelumnya di bulan ini juga ada long weekend 14-15 April. Libur panjang yang bertepatan dengan Hari Wafat Isa Almasih 14 Maret di hari Jumat yang berangkaian dengan hari Sabtu dan Minggu.

Kini libur panjang dalam rangka Sabtu-Minggu ditambah tanggal merah Hari Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW pada Senin 24 April. Hingga Mei nanti juga masih akan sarat hari libur panjang.

Seperti di tanggal 29 April-1 Mei, di mana tanggal 1 Mei bertepatan tanggal merah May Day alias Hari Buruh Internasional.

Tapi sepertinya warga Jabodetabek sudah kebal ya sama yang namanya macet. Betapa tidak, mereka hampir setiap hari menantang kemacetan di segala kegiatan mencari nafkah, terutama yang bekerja di Jakarta.

Pihak kepolisian tentu menaruh perhatian lebih di berbagai titik di masa libur panjang kali ini. Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa menyatakan, lazimnya titik macet yang paling krusial berada jelang Gerbang Tol Cikarang Utama.

Gerbang tol yang harus dilewati pengendara yang hendak ke Bandung menuju Tol Cipularang, atau ke Jawa Tengah-Yogyakarta-Jawa Timur menuju Tol Cipali. Kemacetan bertambah karena adanya perbaikan jalan. Duh!

“Sekarang ada di titik macet di pintu Cikarang Utama, ada perbaikan jalan di dua titik. Itu yang membuat bertambah kecilnya kapasitas jalan Tol Cikampek,” ungkap Irjen Royke, Jumat 21 April.

Untuk setidaknya mengurangi kemacetan, pihaknya selain melakukan peralihan arus dan menerjunkan 1.000 personel, juga mengimbau kendaraan-kendaraan besar untuk tidak lewat tol sedari Jumat 21 April hingga Senin 24 April.

“Kami mengimbah agar angkutan berat truk, melalui Dirjen Perhubungan Darat, agar tidak beroperasi di hari Jumat, Sabtu, maupun arus balik di hari Senin,” imbuhnya.

(Baca: Jelang Long Weekend, Arus Lalin ke Luar Jakarta Mulai Padat)

“Eksodus” di masa liburan dengan menggunakan moda transportasi kereta api (KA) juga meningkat tajam. Bahkan PT KAI dari Daerah Opeasi (Daop) I Jakarta, sampai harus mengoperasikan 14 KA tambahan, untuk menampung penumpang yang meningkat jumlahnya.

Dari 14 KA tambahan itu, 10 KA merupakan kelas eksekutif yang berangkat dari Stasiun Gambir dan 4 KA kelas ekonomi dari Stasiun Pasar Senen. Rincian tujuannya; 1 KA Jakarta-Semarang, 1 KA Jakarta-Surabaya, 3 KA Jakarta-Cirebon, 4 KA Jakarta-Bandung dan 5 KA Jakarta-Solo.

Buat yang ingin liburan juga cek-cek cuaca ya. Enggak seru kan karena cuaca buruk, jadinya urung menikmati tempat wisata yang sudah diincar. Selamat liburan!

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming