Image

Di Hadapan Warga Bukit Duri, Anies Janji Tak Akan seperti Ahok

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Jum'at, 21 April 2017 - 14:37 WIB
Anies Baswedan (Foto: Puteranegara/Okezone) Anies Baswedan (Foto: Puteranegara/Okezone)

JAKARTA - Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Rasyid Baswedan, mengunjungi warga korban gusuran di Bukit Duri, Jakarta Selatan untuk pertama kalinya usai pelaksanaan pencoblosan pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 19 April 2017.

Di hadapan para warga, Anies menegaskan tidak akan mengingkari janji-janji manisnya kepada masyarakat di Bukit Duri. Bahkan, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan era Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu berjanji tidak akan seperti Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang pernah mengumbar janji namun melanggarnya.

Anies menuturkan pada 2012, Ahok berjanji kepada warga tidak akan melakukan penggusuran. Namun kenyataannya, kawasan ini harus digusur dan saat ini para warga tinggal di Rumah Susun (Rusun) Rawa Bebek, Jakarta Timur.

"Di tempat ini karena ini adalah tempat di mana rakyat persis lima tahun yang lalu disebut terbuka dalam kampanye tidak digusur bahkan ada rekaman. Tapi dalam kenyataannya mereka harus pindah ke Rawa Bebek," ujar Anies di Masjid Al-Hidayah, Bukit Duri, Jakarta Selatan, Jumat (21/4/2017).

Pasangan Sandiaga Salahuddin Uno itu menjelaskan, bagi warga Bukit Duri, pemilihan gubernur bukanlah sekadar memilih pemimpinnya. Melainkan, ada secercah harapan yang ingin mereka wujudkan agar kehidupan lebih baik dari sebelumnya.

"Bagi warga Bukit Duri sebuah kampanye pemilu itu diiringi dengan perasaan ini berulang tidak ya karena mereka pernah merasakan. Karena itu saya datang ke tempat ini untuk mengingatkan diri saya sendiri dan mengingatkan seluruh yang bekerja bersama bahwa jangan ulangi peristiwa yang terjadi," papar Anies.

Meskipun pasti akan ada dinamika sebagai pemimpin, Anies menekankan pendekatan, dialog, dan duduk bersama warga akan menjadi gaya kepemimpinannya ketika resmi menjabat sebagai orang nomor satu di Ibu Kota itu.

"Kalaupun ada pergeseran-pergeseran datanglah, bicaralah, sampaikanlah. Gubernur sendiri yang harus ngomong sama rakyatnya seperti kalau saya janjian sama Anda (wartawan), saya harus kasih tahu ke Anda kalau tidak jadi," tutup Anies.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming