Image

Walhi: Keputusan 3 Kementerian untuk Moratorium Reklamasi Perlu Dipertahankan

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at, 21 April 2017 - 16:41 WIB
Reklamasi Teluk Jakarta. (Foto: Arif Julianto/Okezone) Reklamasi Teluk Jakarta. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA - Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Nur Hidayati mengatakan keputusan 3 kementerian terkait moratorium reklamasi di Teluk Jakarta sebaiknya dipertahankan. Ini agar cita-cita Anies-Sandi untuk menghentikan reklamasi tersebut terwujud. Menurutnya mempertahankan moratorium reklamasi itu sejalan dengan keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta yang juga telah mencabut izin reklamasi Pulau K, F, dan I di Teluk Jakarta. 

"Pemerintah pusat sebenarnya (melalui) tiga kementerian sudah mengeluarkan perintah moratorium. Itu harus dipatuhi," kata perempuan yang akrab disapa Yaya ini saat berbincang dengan Okezone, Jumat (21/4/2017). 

Pada April 2016, keputusan moratorium telah ditandatangani oleh tiga kementerian, yakni Kemenko Kemaritiman di bawah kepemimpinan Rizal Ramli, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan. 

Namun nyatanya, beberapa hari lalu Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan yang menjabat sekarang menuturkan proyek reklamasi ini nantinya akan dibahas kembali. Pemerintah pun akan menjelaskan dengan baik progres dari rencana reklamasi tersebut. Yaya menegaskan, bila ada unsur pemerintah pusat yang hendak melanjutkan reklamasi maka perlu dipertanyakan tujuannya untuk apa. Sebab, hal itu bertentangan dengan sejumlah peraturan. 

"Jadi bila ada unsur pemerintah pusat yang ingin menganulir keputusan pemerintah pusat sebelumnya perlu dipertanyakan motivasinya," tandas Yaya. (Han)

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming