Image

Empat Besar Pilihan Warga Jakarta, Perindo Kian Semangat Lakukan Perubahan

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at, 21 April 2017 - 18:39 WIB

JAKARTA - Lembaga konsultan politik PolMark Research Center Indonesia merilis hasil exit poll terbaru soal elektabilitas atau keterpilihan partai politik (parpol). Dari 13 parpol yang dipersaingkan, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menempati posisi keempat.

(Baca juga: Mantap! Perindo Urutan Keempat Parpol Pilihan Warga Jakarta).

Exit poll tersebut dilakukan saat pagelaran Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua pada Rabu 19 April 2017. Dalam grafik hasil exit poll, Partai Perindo yang baru dua tahun berkiprah dalam kancah perpolitikan Tanah Air, melesat ke urutan keempat sebagai partai pilihan warga Jakarta.

Peringkat Perindo hanya tepat di belakang Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang berada di urutan ketiga. Sementara dua partai yang menempati posisi puncak ialah, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra.

Topiknya sendiri berkaitan dengan elektabilitas parpol tersebut dalam ajang pemilihan legislatif yang akan diselenggarakan serentak pada 2019 berbarengan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres). Exit poll sendiri berisi pertanyaan tentang pelaksanaan pileg jika dilaksanakan saat gelaran Pilkada DKI Jakarta. Pilihan mengacu kepada keinginan rakyat Jakarta untuk menempatkan kader parpol duduk di kursi DPR RI.

PDIP masih mendominasi perolehan suara di Jakarta sebesar 16,9%. Diikuti oleh Gerindra dengan dukungan sebesar 16,1%. Ketiga, PKS dengan 12,8% dan Partai Perindo mendapat 5,8% dukungan. Posisi kelima ditempati oleh Demokrat dengan 4,5%.

Direktur Sekaligus Pendiri PolMark Indonesia, Eep Saefulloh Fatah menjelaskan hasil tersebut merupakan hasil exit poll. Itu artinya, jajak pendapat tersebut dibuat tepat ketika Pilkada DKI Jakarta 19 April 2017 digelar. Responden berasal dari para pemilih yang baru saja keluar dari tempat pemungutan suara.

“Itu Exit Poll saat Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua, 19 April 2017,” jelas Eep kepada Okezone, Jumat (21/4).

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris DPW Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Jakarta Ramdan Alamsyah menyampaikan terima kasih kepada warga Jakarta dan rakyat Indonesia pada umumnya atas pengakuan yang diberikan. Berkat dukungan dari mereka, Perindo berhasil masuk empat besar partai politik (parpol) yang dipertimbangkan rakyat untuk bergabung di parlemen.

(Baca juga: Dipercaya Warga, Jadi Semangat Tambahan Perindo Lakukan Perubahan).

“Terima kasih kepada rakyat Jakarta dan Indonesia pada umumnya sudah meletakkan Perindo dalam jajaran parpol pilihan,” katanya saat dihubungi Okezone.

Ramdan menegaskan, pengakuan yang diberikan itu amat berkesan. Sebab, Perindo jadi makin semangat melakukan perubahan di Tanah Air. “Jadi semangat kami melakukan perubahan di Indonesia,” sambungnya.

Perindo didirikan oleh Hary Tanoesoedibjo. Usianya baru dua tahun, tetapi kontribusinya bagi rakyat terus mendapat pengakuan. Teraktual, lembaga konsultan politik PolMark Research Center Indonesia merilis hasil exit poll periode 19 April 2017.

Sejumlah warga Jakarta yang baru saja keluar dari tempat pemungutan suara (TPS) pada puncak Pilkada Ibu Kota diminta menyebutkan satu parpol yang paling diinginkan mewakili aspirasi mereka di DPR RI.

Dari 13 parpol resmi, terdapat 5,8% responden yang menaruh harapan kepada Perindo. Elektabilitas partai pengusung sila ketiga Pancasila tersebut mengungguli Partai Demokrat yang hanya mendapat 4,5% dukungan dan Partai Nasional Demokrat yang memperoleh 4,1% suara.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming