Image

Waduh... Jambi Kekurangan 60 Ribu Ekor Sapi dan Kerbau

ant, Jurnalis · Jum'at, 21 April 2017 - 15:58 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

JAMBI - Populasi hewan ternak sapi dan kerbau di Provinsi Jambi saat ini masih kekurangan sekitar 60.000 ekor, sehingga kebutuhan daging di daerah itu masih dipasok dari luar daerah.

"Populasi hewan ternak lokal di Jambi hanya mampu memenuhi sekitar 25 persen kebutuhan daging untuk masyarakat, dan saat ini 75 persennya lagi masih didatangkan dari luar oleh peternak," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jambi, Azrin di Jambi, Jumat (21/4/2017).

Menurut dia, untuk swasembada daging di Provinsi Jambi itu saat ini masih dibutuhkan sekitar 60.000 ekor lagi hewan ternak, karena pasokan hewan ternak lokal belum mampu memenuhi kebutuhan daging untuk masyarakat di wilayah itu.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, saat ini peternak lokal masih mendatangkan hewan ternak dari luar seperti dari Jawa, Nusa Tenggara Barat dan Lampung.

Azrin mengatakan saat ini populasi hewan ternak yang tercatat di antaranya mencapai 140.000 ekor sapi dan untuk hewan ternak kerbau sebanyak 40.000 ekor yang tersebar di 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

Dari jumlah populasi hewan ternak itu jumlahnya yang paling banyak tersebar di tiga kabupaten, yakni Sarolangun, Tebo dan Bungo yang diharapkan populasi tersebut jangan sampai berkurang dan dapat terus ditingkatkan.

Dalam mempertahankan populasi hewan ternak di daerah itu saat ini Provinsi Jambi telah memiliki Perda Nomor 5/2015 tentang Pengendalian Ternak Sapi dan Kerbau Betina Produktif. Perda ini  mengatur bahwa hewan ternak produktif dilarang dikirim ke luar daerah dan juga hewan ternak betina produktif dilarang dipotong sehingga populasinya dapat terjaga.

"Selain itu kami berkomitmen agar daerah populasi hewan ternak dapat dipertahankan dan juga diharapkan bertambah melalui program strategis dari pemerintah salah satunya program Upaya Khusus Sapi Betina Wajib Bunting (Upsus Siwab)," kata Azrin menambahkan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming