Image

Peringati Hari Kartini, Ratusan Murid SD Longmarch Sejauh 2 Km

Foto: Rikhi Ferdian/Okezone)

Foto: Rikhi Ferdian/Okezone)

TANGERANG - Hari Kartini yang jatuh pada hari ini diperingati oleh ratusan murid SDN 01 Matagara, Kabupaten Tangerang, dengan melakukan longmarch mengelilingi ruas jalan utama Pemda Tangerang.

Didampingi oleh para guru, lebih dari 500 murid SD dari kelas 1 hingga 6 ini terlihat bersemangat mengitari jalan sejauh 2 kilometer dengan mengenakan baju kebaya dan aksesoris khas nusantara. Sambil membawa bendera merah putih dan baliho bertuliskan kalimat-kalimat perjuangan mereka tampak antusias menyusuri ruas jalan.

Kepala sekolah SDN 01 Matagara, Supawiarja mengatakan, peringatan Hari Kartini dengan cara longmarch ini semata-mata ingin mengajarkan kepada anak tentang makna perjuangan yang cukup panjang dan melelahkan yang dilakukan oleh para pahlawan nasional.

Terlebih Ibu Kartini merupakan sosok pahlawan wanita yang berjuang keras dan memiliki jasa teramat besar dalam membela hak-hak kaum perempuan.

"Longmarch ini semata-mata untuk mendekatkan karakter anak apa itu makna perjuangan, ini yang ingin kita tanamkan pada mereka," katanya kepada Okezone, Jumat (21/4/2017).

Sementara itu, Kesya Azizah (10) siswi SDN yang duduk di bangku kelas 4 SD mengaku cukup senang dan bersemangat mengikuti longmarch dalam memperingati Hari Kartini. Meski cukup melelahkan, namun longmarch ini ia jadikan sebagai momentum untuk mengenang perjuangan Raden Ajeng Kartini.

"Capek juga sih tapi tetap semangat seperti semangat juang Ibu Kartini," tukasnya.

(sus)
Live Streaming
Logo