Kuliah di Inggris, Intip Serunya Pilih Kota Manchester

Iradhatie Wurinanda, · Senin 24 April 2017 07:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 21 65 1673376 kuliah-di-inggris-intip-serunya-pilih-kota-manchester-XAVe0jSqVQ.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Banyak mahasiswa yang ingin kuliah di Inggris, tetapi masih bingung memilih kota yang tepat. Kali ini, Okezone akan coba mengenalkanmu dengan salah satu kota di Inggris, yakni Manchester. Kira-kira, bagaimana ya suasana akademis di sana?

Terletak di Inggris bagain barat laut, Manchester menjadi kota kedua terbesar. Populasi di sana sekira 431 ribu jiwa. Kota ini juga dikenal memiliki jumlah pelajar terbanyak di Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Dilansir dari laman Studi.Eu, Kota Manchester memiliki tiga kampus terbesar, yakni University of Manchester, Manchester Metropolitan University, dan University of Salford. Adapun pelajar yang menempuh studi di sini akan menjadi seorang 'Mancunians' (penduduk asli Manchester).

University of Manchester sendiri menjadi 30 besar kampus terbaik di dunia. Kampus ini memiliki sejarah panjang dalam penelitian ilmiah, yakni sejak 200 tahun silam. Di sinilah Ernest Rutherford membagi atom pada 1917, kemudian di akhir 1940-an, seorang legenda ilmu komputer, Alan Turing menyampaikan sebuah terobosan di bidang yang digelutinya.

Kampus berikutnya di Manchester yang patut diperhitungkan adalah Manchester Metropolitan University (MMU) yang didirikan pada 1970. Meski tergolong muda, kampus ini terkenal unggul pada bidang teknik.

Tepat di perbatasan kota, ada University of Salford yang menawarkan berbagai program dalam berbagai disiplin ilmu. Sedangkan perguruan tinggi lainnya yang terdapat di kota ini, yaitu University of Bolton yang berorientasi pada praktik.

Jika dilihat lingkungannya, Kota Manchester sangat menarik untuk dieksplorasi. Tersedia transportasi umum yang nyaman, seperti bus dan trem untuk berkeliling kota. Dengan kereta api, mahasiswa juga dengan mudah bisa menjelajahi seluruh wilayah Inggris. Sementara Bandara Manchester merupakan tersibuk ketiga di Inggris, dengan lebih dari 60 maskapai penerbangan yang menghubungkan ke 200 tujuan di seluruh dunia.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini