Image

Dosen Jangan Hanya Disibukkan dengan Mengajar

Foto: Shutterstock

Foto: Shutterstock

JAKARTA - Tugas dosen bukan hanya untuk mengajar di kelas. Namun yang paling terpenting adalah mereka bisa mengabdikan diri untuk melakukan penelitian. Hal tersebut diungkapkan oleh Rektor Universitas Airlangga (Unair), Mohammad Nasih seperti dinukil dari laman Unair.

“Dosen tidak cukup hanya asyik dengan bidang pengajaran dan perkuliahan. Namun, Anda harus mengabdikan diri untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Ini bukan hanya kepentingan personal tapi kepentingan institusi,” ujarnya, Jumat (21/4/2017).

Nasib juga mengatakan agar para dosen bisa mengedepankan etika profesi, terutama dalam menjalankan tugas mereka. Karena tantangan seorang dosen bukan hanya pada menjaga nama baik tapi juga nama institusi.

“Etika profesi sebagai seorang dosen perlu diperhatikan. Kepatuhan terhadap hukum dan nilai-nilai moralitas harus dijunjung tinggi,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Unair, Purnawan Basundoro menambahka jika sebagai dosen terdapat tiga tugas utama yang perlu dilaksanakan oleh seorang dosen.

“Sebagai dosen profesional, mereka harus melaksanakan tiga tugas utama yaitu mengajar, penelitian, dan pengmas. Yang paling penting, hasil penelitian mereka harus bisa dimuat di jurnal internasional bereputasi. Harapannya, mereka bisa memposisikan diri sebagai dosen profesional,” tambahnya.

(sus)
Live Streaming
Logo