Image

Hari Kartini, Saatnya Perempuan Berani Wujudkan Cita-Cita

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Jum'at, 21 April 2017 - 18:02 WIB
Ica dkk saat berkunjung ke Redaksi Okezone (Foto: Okezone) Ica dkk saat berkunjung ke Redaksi Okezone (Foto: Okezone)

JAKARTA - Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April menjadi semangat bagi kaum wanita untuk bisa berkarya di berbagai bidang. Di kalangan mahasiswa, emansipasi yang diperjuangkan oleh RA Kartini menjadi motivasi tersendiri untuk berani mewujudkan cita-cita

"Mahasiswa sekarang sudah terbuka, jadi memaknai Hari Kartini pasti beda sama zaman sekolah dulu. Dengan adanya emansipasi, sekarang perempuan jadi berani bermimpi," tutur seorang mahasiswi bernama Graceica Octavia dihubungi Okezone, Jumat (21/4/2017).

Mahasiswi Universitas Tarumanagara (Untar) itu mengungkapkan, masih banyak anak muda yang takut untuk menggeluti profesi tertentu lantaran dirinya perempuan. Padahal, ketakutan tersebut diakibatkan rasa kurang percaya diri, bukan karena tidak mampu.

"Jadi semangat Kartini ini perlu dipahami dengan jangan takut bermimpi walaupun kita perempuan. Supaya perjuangan Kartini di zaman dulu tidak sia-sia," ujarnya.

Di sisi lain, mahasiswa jurusan komunikasi itu berpendapat, semakin banyak sosok wanita di Indonesia yang menginspirasi dengan perbuatan dan karyanya. Salah satu yang Ica -sapaan akrabnya- kagumi, yakni Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

"Menurut saya Ibu Menteri Susi itu sosok yang pemberani. Beliau sangat independen, dan berhasil jadi menteri. Padahal jadi menteri itu kan tidak mudah, tanggung jawabnya besar," tukasnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming