Image

Jelang Peringatan Hari Besar Korut, Korsel Makin Waspada

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu, 22 April 2017 - 03:01 WIB
Rudal Korut yang dipamerkan dalam peringatan hari lahir pendiri negara Kim Il-sung ke-105 di Pyongyang pekan lalu. (Foto: Reuters) Rudal Korut yang dipamerkan dalam peringatan hari lahir pendiri negara Kim Il-sung ke-105 di Pyongyang pekan lalu. (Foto: Reuters)

SEOUL – Korea Selatan (Korsel) meningkatkan kewaspadaannya menjelang berlangsungnya sebuah peringatan peristiwa penting di negara tetangganya, Korea Utara (Korut) pekan depan. Sejumlah besar peralatan dan persenjataan militer ditempatkan di perbatasan kedua negara di tengah kekhawatiran dilakukannya uji coba nuklir oleh Korut.

Korut akan memperingati 85 tahun pembentukan Tentara Rakyat Korea pada Selasa, 25 April. Amerika Serikat (AS) dan Korsel dalam beberapa pekan terakhir telah mengatakan bahwa Pyongyang akan segera menggelar uji coba nuklir yang menjadi kekhawatiran bagi AS dan China.

Pekan lalu, Korut memperingati hari kelahiran pendiri negara Kim Il-sung dengan melakukan uji coba rudal balistik yang berakhir dengan kegagalan.

Di lain pihak, Korsel dan AS telah melakukan latihan militer gabungan yang berkali-kali dikecam oleh Korut. Pyongyang melihat latihan militer tersebut sebagai persiapan kedua seterunya untuk melakukan invasi ke negara tersebut.

“Ini adalah sebuah situasi di mana banyak perlengkapan latihan bertumpuk di Korut dan juga banyak aset strategis ditempatkan di Semenanjung Korea karena latihan militer Korsel-AS,” kata Juru Bicara Kementerian Unifikasi Korea, Lee Duk-haeng sebagaimana dilansir dari Reuters, Sabtu (22/4/2017).

“Kami mengawasi dengan seksama dan tidak menurunkan kewaspadaan kami,” tambahnya.

Sementara itu, pejabat AS mengatakan ada aktivitas tidak biasa dari pesawat pengebom China yang mungkin menunjukkan peningkatan kewaspadaan dari Negeri Tirai Bambu dalam menghadapi situasi yang semakin panas. Namun, hal itu dibantah Beijing yang mengatakan tidak ada peningkatan kewaspadaan dari pesawat-pesawatnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming