Militer China Sempat Halau Pesawat yang Angkut Pejabat Filipina di LCS

Emirald Julio, Okezone · Sabtu 22 April 2017 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 22 18 1674229 militer-china-sempat-halau-pesawat-yang-angkut-pejabat-filipina-di-lcs-eOkHSw5aDa.jpg Foto Menhan Filipina Delfin Lorenzana di Pulau Pag-asa (Foto: AP)

MANILA – Militer China dilaporkan sempat menghalau dua pesawat Filipina yang tengah mengangkut para pejabat. Insiden tersebut terjadi di dekat pulau buatan China yang berlokasi di Laut China Selatan (LCS).

AP mewartakan, Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana, Kepala Staf Militer Jenderal Eduardo Ano, dan 40 jurnalis berada di pesawat-pesawat tersebut yang mendadak dihalau oleh militer Negeri Tirai Bambu pada Jumat 21 April 2017.

Sebagaimana dikutip dari Russia Today, Sabtu (22/4/2017), pada saat itu militer China memperingati kedua pesawat Filipina tersebut bahwa mereka memasuki sisi instalasi militer China. Karena itu demi mencegah terjadinya kesalahpahaman, kedua pesawat itu diminta berputar arah.

Kedua pesawat itu pun membalas peringatan tersebut dengan menyatakan mereka terbang di ruang udara milik Filipina. “Hanya ada pertukaran pesan dan tidak ada kejadian yang tidak diinginkan,” tutur Lorenzana terkait insiden tersebut.

Insiden itu terjadi di wilayah udara yang berjarak 25 kilometer dari Karang Rubi yang diduduki China. Karang tersebut berlokasi di gugusan Pulau Spratly yang masih menjadi sengketa antara China dan Filipina.

Lorenzana dan pejabat militernya terbang ke wilayah LCS untuk mengunjungi Pag-asa dan mengumumkan pengembangan pulau tersebut. Pulau itu berada di Kepulauan Spratly dan saat ini masih dipersengketakan oleh China, Filipina, Taiwan, dan Filipina.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini