Melintas di LCS, Pesawat Pejabat Filipina Dicegat Militer China

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Sabtu 22 April 2017 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 22 18 1674375 melintas-di-lcs-pesawat-pejabat-filipina-dicegat-militer-china-7COHdAhn4d.jpg Pesawat milik Filipina. (Foto: AP)

MANILA – Dua pesawat Filipina yang tengah mengangkut rombongan pejabat dicegat oleh pasukan militer China. Pencegatan tersebut dilakukan usai dua pesawat itu melintas di dekat pulau buatan China yang berlokasi di Laut China Selatan (LCS).

Tak hanya pejabat, tercatat 40 jurnalis juga berada di pesawat-pesawat tersebut. Sebelumnya, pihak militer China telah memberi peringatan kepada kedua pesawat Filipina tersebut bahwa mereka memasuki sisi instalasi militer China. Kemudian kedua pesawat itu diminta berputar arah.

Namun, pengusiran itu tidak langsung mengiyakan permintaan militer China. Pihak pesawat Filipina menilai bahwa mereka terbang di ruang udara milik Filipina.

Kejadian yang terjadi pada Jumat 21 April 2017 itu terjadi di wilayah udara yang berjarak 25 kilometer dari Karang Rubi yang diduduki China. Karang tersebut berlokasi di gugusan Pulau Spratly yang masih menjadi sengketa antara China dan Filipina. (rav)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini