PM Jepang Setuju Jalin Komunikasi Intens dengan AS Terkait Korut

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Senin 24 April 2017 12:13 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 24 18 1675111 pm-jepang-setuju-jalin-komunikasi-intens-dengan-as-terkait-korut-DaTDSqJfpx.jpg Presiden AS, Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang. (Foto: Reuters)

TOKYO - Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, sepakat untuk lebih serius dalam bekerja sama dengan Amerika Serikat (AS) terkait ancaman nuklir Korea Utara (Korut). Pernyataan itu, disampaikan pada hari ini, Senin 24 April kepada media.

PM Abe menyatakan, ia dan Presiden AS Donald Trump telah sepakat untuk menjalin komunikasi secara intens. Mereka juga berjanji akan berusaha menuntut Pyongyang untuk menahan diri agar bisa meredakan ketegangan yang tersulut mengingat khususnya di wilayah Semenanjung Korea.

Sebagaimana dilaporkan Reuters, Senin (24/4/2017), Abe menyatakan bahwa dirinya telah berkomunikasi dengan Trump lewat saluran telefon. Dalam perbincangannya, Abe menyebut bahwa ia menghargai sikap yang diambil AS yaitu 'semua opsi ada di meja ketika berhadapan dengan Korut'. Pernyataan itu memiliki makna jika Jepang akansetuju sekalipun AS mengambil keputusan ekstrem seperti perang untuk menangani Korut.

Ketegangan meningkat tajam seiring program nuklir dan rudal Korut yang terus berkembang. AS telah memerintahkan sekelompok pasukan penyerangan di kapal induk USS Carl Vinson untuk berlayar ke perairan di Semenanjung Korea.

Hal itu kemudian direspons Pyongyang dengan sesumbar bahwa mereka siap untuk menenggelamkan kapal induk tersebut. Dua kapal perusak milik militer Jepang telah bergabung dengan kapal induk AS di Semenanjung Korea sebagai bentuk solidaritas. (rav)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini