nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Majukan Institusi, Kampus Swasta Diminta Tingkatkan Sinergi

Agregasi Antara, Jurnalis · Senin 24 April 2017 13:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 24 65 1675166 majukan-institusi-kampus-swasta-diminta-tingkatkan-sinergi-Pru8XEMW0y.jpg Foto: Shutterstock

PADANG - Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau, Prof Herri mengimbau agar pengelola Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk meningkatkan sinergi dalam memajukan institusi.

"Sinergi dilakukan antara yayasan, pimpinan dan dosen," katanya di Padang, Senin (24/4/2017).

Dia menyebutkan yayasan sebagai pemegang kuasa dan penyedia sarana prasarana selalu mendukung setiap kegiatan yang diinisiasi pimpinan kampus.

Sebaliknya pimpinan kampus secara maksimal memanfaatkan sumber daya yang disediakan untuk memajukan institusi.

Disamping itu kedua elemen tersebut membangun komunikasi yang baik dan harmonisasi. Dalam hal ini pimpinan kampus juga mematuhi aturan dan kesepakatan yang ada, dan selalu bermusyawarah saat memunculkan pemikiran.

"Harmonisasi akan berdampak pada ketenangan dan kenyamanan dosen serta mahasiswa dalam mencetak prestasi," kata dia.

Dalam menjaga sinergitas ini dosen fokus pada penguatan tri dharma perguruan tinggi, melalui pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

"Bila perlu melalui penelitian hadir beragam penemuan dan inovasi bermanfaat yang bisa melambungkan nama kampus," ujarnya.

Dalam hal ini mahasiswa hanya fokus pada pengembangan diri dalam bidang kurikuler dan ekstrakurikuler. Termasuk mencetak beragam prestasi akademik maupun organisasi.

"Ke semua komponen ini amat menunjang penilaian kualitas kampus khususnya akreditasi," sebutnya.

Dia mengatakan bila kampus sudah termasuk dalam indikator tersebut, akreditasi bernilai baik bisa diraih.

Sementara itu salah satu mahasiswa kampus swasta Padang, Yuwindi mengatakan permasalahan di kampus swasta yakni sulitnya akses memperoleh beasiswa dari instansi negeri.

Menurutnya bila dibandingkan negeri hal ini lebih sulit meski kampus tergolong favorit.

Dengan begitu, tambahnya selain harmonisasi pengelola kampus, hubungan kerja sama dengan berbagai instansi pemerintahan harus dilakukan di PTS.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini