Wow!Pemkab Bangkalan Anggarkan Rp4,7 Miliar Demi Kelola Sampah

Agregasi Antara, Jurnalis · Selasa 25 April 2017 14:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 25 519 1675835 wow-pemkab-bangkalan-anggarkan-rp4-7-miliar-demi-kelola-sampah-gdaIDYMikl.jpg

BANGKALAN - Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur tahun ini mengalokasikan anggaran sebesar Rp4,7 miliar untuk pengelolaan sampah di daerahnya.

Menurut Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Bangkalan Imam Syafrie, anggaran sebesar Rp4,7 miliar itu masih sangat kecil, mengingat pada APBD 2016 dianggarkan sebesar Rp7 miliar lebih.

"Anggaran Rp4,7 miliar ini tidak semuanya untuk pengelolaan sampah. Tapi juga untuk honor para petugas kebersihan," katanya, Selasa (25/4/2017).

Ia menjelaskan, di Kabupaten Bangkalan terdapat sebanyak 85 petugas kebersihan dengan honor sekitar Rp663 juta per tahun. Selain bertugas membersihkan lingkungan kota, para petugas kebersihan itu juga menyisir sampah pada 66 tempat pembuangan sementara (TPS) sampah.

Menurutnya, terkadang DLH memberikan honor lebih, karena banyak petugas yang terpaksa bekerja melebih jam kerja, terutama saat sampah sedang banyak.

"Makanya, kalau pengelolaan sampah hanya dianggarkan Rp4,7 miliar, tidak akan cukup," ujar Imam.

Ia menjelaskan, pada PAK 2017 ini, pihaknya masih berencana mengusulkan anggaran tambahan ke Badan Anggaran DPRD Bangkalan agar anggaran pengelolaan sampah bisa ditambah.

"Yang sangat besar juga menyerap anggaran adalah biaya operasional sampah, seperti mobil dan kendaraan roda tiga, serta biaya ke TPA. Itu kan tiga kali sehari," katanya lagi.

Sebelumnya, Komisi C DPRD Bangkalan menyatakan, DPRD menetapkan anggaran pengelolaan sampah Rp4,7 miliar itu berdasarkan pertimbangan survei kinerja dinas di lapangan selama ini.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini