Image

Kapuspen TNI Soal Tulisan Allan Nairn: Kami Pelajari Saran Dewan Pers

Lina Fitria, Jurnalis · Rabu, 26 April 2017 - 11:22 WIB
Perwakilan Mabes TNI sambangi Dewan Pers. (Foto: Lina/Okezone) Perwakilan Mabes TNI sambangi Dewan Pers. (Foto: Lina/Okezone)

JAKARTA - Mabes TNI kemarin berkonsultasi dengan Dewan Pers untuk membahas tulisan Allan Nairn berjudul 'Ahok Hanyalah Dalih untuk Makar'. TNI menilai tulisan yang dimuat oleh Tirto.id itu adalah fitnah alias hoax.

Pasca konsultasi itu, Kapuspen TNI Mayjen Wuryanto mengatakan, kini mereka menata langkah selanjutnya. Yakni mempertimbangkan semua saran Dewan Pers.

"Kita lagi pelajari apa yang kemarin sudah disampaikan, saran-saran dan masukan dari Dewan Pers," ujarnya kepada Okezone, Rabu (26/4/2017).

Sebelumnya, perwakilan TNI kemarin mengunjungi kantor Dewan Pers di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Kunjungan itu bersifat konsultasi dengan Ketua Dewan Pers Yoseph Adi Prasetyo secara tertutup.

Sementara itu LBH Partai Persatuan Indonesia (Perindo) kemarin sudah melaporkan tulisan Allan Nairn ke Polda Metro Jaya, karena menyebut Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo sebagai salah satu orang yang mendanai gerakan makar untuk melengserkan Presiden Joko Widodo.

LBH Perindo menilai, tulisan Alan Nairn mengandung unsur pencemaran nama baik sebagaimana diatur dalam KUHP dan Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE). Laporan tersebut sudah diterima polisi dengan nomor LP/2000/IV/2017/PMJ/Dit Reskrimum.

Ketua Bidang Hukum dan Advokasi DPP Partai Perindo, Christophorus Taufik mengatakan, berita yang ditulis oleh Jurnalis asal Amerika itu tidak benar alias fitnah dan dapat dipidanakan.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming