nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah India Larang Akses Medsos di Kashmir, Kenapa Ya?

Emirald Julio, Jurnalis · Kamis 27 April 2017 03:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 27 18 1677352 pemerintah-india-larang-akses-medsos-di-kashmir-kenapa-ya-V0gSK7PIwt.jpg Foto bentrokan antara warga Kashmir dengan pihak keamanan (Foto: Reuters)

SRINAGAR – Pemerintah India dilaporkan memerintahkan penyedia layanan internet di wilayah Kashmir untuk menutup akses berbagai media sosial (medsos). Keputusan ini diambil setelah meningkatnya bentrokan yang terjadi di Kashmir.

Sebagaimana dikutip dari The Nation.com.pk, Kamis (27/4/2017) pemerintah setempat mengklaim, medsos disalahgunakan oleh elemen anti-nasional dan anti-sosial. Karena itulah, mereka mengatakan bahwa medsos harus ditutup aksesnya selama sebulan hingga pemberitahuan lebih lanjut demi menjaga ketertiban umum.

The Nation mewartakan, ini merupakan pertama kalinya pemerintah India mengambil langkah ekstrem tersebut. Walau acap kali mereka memblokir sinyal internet di wilayah Kashmir. Otoritas setempat juga mengklaim, Medsos digunakan oleh para militan di Kashmir untuk memperoleh dukungan.

Langkah ini disinyalir memiliki hubungan dengan bentrok yang kerap pecah semenjak 9 April 2017 ketika delapan orang tewas terbunuh oleh polisi serta paramiliter. Insiden itu terjadi ketika wilayah Kashmir tengah mengadakan pemilu tambahan.

Bentrokan yang pecah juga dipicu oleh sentimen anti-India di Kashmir. Sebab mayoritas warganya yang beragama Muslim menginginkan untuk merdeka dari India atau menyatukan diri dengan Pakistan.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini