nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Bahasa Tubuh yang Baik saat Wawancara Kerja

Agregasi Senin 01 Mei 2017 06:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 28 65 1678532 5-bahasa-tubuh-yang-baik-saat-wawancara-kerja-Y5kk1VpJik.jpg Foto: Shutterstock

SAAT melakukan wawancara pekerjaan terdapat hal-hal yang wajib Anda cermati, salah satunya adalah bahasa tubuh. Dari survei yang ada menunjukkan sebanyak 55% bahasa tubuh mempengaruhi penilaian kepada kandidat saat wawancara pekerjaan, selebihnya dan suara sebanyak 38%.

Lantas seperti apa bahasa tubuh yang baik yang secara efektif bisa diterapkan oleh Anda saat wawancara pekerjaan? 5 tips berikut ini diharapkan bisa membantu Anda saat wawancara pekerjaan.

1. Tas dan barang bawaan

Ketika sudah waktunya Anda dipanggil dan siap untuk melakukan wawancara pekerjaan, pilihlah posisi tempat duduk yang cocok untuk Anda sesuai dengan rekomendasi dari pewawancara, kemudian simpan dan letakan semua barang bawaan Anda mulai dari smartphone dan lainnya di dalam tas dan letakan di kursi samping Anda. Jauhkan diri Anda dari semua perlengkapan yang ada dan fokuskan diri Anda kepada pewawancara.

2. Pandangan mata

Hal yang satu ini juga wajib untuk dicermati yaitu pandangan mata, hindari terlalu lama menempatkan pandangan mata kepada pewawancara, jangan lakukan juga kebiasaan melotot, menghindari pandangan mata ke seluruh ruang dan lainnya. Cara ampuh yang bisa dilakukan adalah dengan melihat ke alis, hidung atau lemparkan juga pandangan mata Anda ke pewawancara yang lain jika di ruangan tersebut terdapat dua orang.

3. Gerakan tangan

Saat mulai berbicara atau menceritakan ada beberapa kebiasaan dari orang yaitu menggerakan tangan terlalu sering dan berlebihan. Hal ini wajib Anda perhatikan jika sedang melakukan wawancara pekerjaan. Hindari melakukan gerakan terlalu banyak dengan kedua tangan Anda yang nantinya bisa diartikan Anda terlalu antusias dan tidak tenang.

4. Menganggukan kepala

Yang perlu diperhatikan juga saat melakukan wawancara adalah kebiasaan mengangguk-anggukan kepala saat pewawancara sedang menjelaskan sesuatu kepada Anda. Pastikan Anda menyadari kebiasaan tersebut dan kontrol sebaik mungkin kebiasaan tersebut saat sedang melakukan wawancara pekerjaan.

5. Jaga jarak

Perhatikan posisi tubuh Anda dengan pewawancara saat sedang melakukan wawancara pekerjaan. Upayakan agar posisi duduk Anda tidak berubah, hindari untuk merubah posisi seperti duduk terlalu dekat yang terkesan Anda sedikit menganggu atau duduk terlalu jauh yang terkesan Anda menghindari si pewawancara.

Semua tips bahasa tubuh bisa membantu Anda lebih siap dan tentunya percaya diri saat melakukan wawancara, namun yang paling penting saat wawancara tentunya adalah kemampuan dan pengalaman kerja Anda sebagai kandidat pegawai baru di perusahaan.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini