nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tetap Dapatkan Haknya, 7 Penghuni Lapas Anak Ikut Ujian Nasional

Solichan Arif, Jurnalis · Selasa 02 Mei 2017 19:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 02 519 1681460 tetap-dapatkan-haknya-7-penghuni-lapas-anak-ikut-ujian-nasional-TnePLxU2Qo.jpg Penghuni lapas anak jalani ujian (foto: Antara)

BLITAR- Sekira tujuh bocah penghuni lembaga pemasyarakatan khusus anak (LPKA) Blitar mengikuti ujian nasional tingkat SMP/Mts. Enam bocah diantarnya bercampur dengan dengan ratusan peserta ujian lain di SMP Negeri 01 Garum. Sedangkan satu anak mengerjakan soal di dalam LPKA. “Yang satu karena masuk dalam Daftar Normatif Tetap (DNT) yang berbeda, “ujar Kasi Pembinaan LPKA Blitar Andik Ariawan kepada wartawan.

Terhadap keenam bocah yang bersebelahan ruang dengan peserta unas lain, tiga orang petugas menjaga ketat. Maklum, meski berstatus peserta unas, mereka adalah penghuni LPKA yang tetap berpotensi kabur atau meloloskan diri. Mereka datang dari daerah yang berbeda. Diantaranya Jombang, Sidoarjo, Tulungagung dan Kediri. Mereka menghuni LPKA dengan latar belakang pelanggaran hukum yang berbeda.

Mulai dari pelanggaran undang undang perlindungan anak, pencurian hingga pelaku pembunuhan.“Meski di LPKA mereka tetap mendapat hak belajar sebagaimana lazimnya siswa lainya, “terang Andik. Untuk pemenuhan hak belajar LPKA menghadirkan guru sesuai mata pelajaran. Dalam sehari pelajaran diberikan selama tiga jam. “Sebab bagaimanapun mereka memiliki masa depan sama dengan anak anak lainya, “pungkasnya.

Selain penghuni LPKA Kepala Sekolah SMP Negeri 01 Garum Samudji mengatakan ada beberapa sekolah yang melaksanakan Unas di tempatnya. Sejumlah sekolah itu diantaranya SMP Maarif NU Garum, SMP PGRI Garum dan SMP Agroganik Garum. “Dan enam anak binaan LPKA tercatat sebagai pelajar SMP Agroganik Garum, “ujarnya. Pelaksanaan unas hari pertama berjalan lancar tanpa adanya gangguan.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini