nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi: Pers Lahirkan Indonesia yang Kuat dan Dinamis

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 03 Mei 2017 21:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 03 337 1682558 jokowi-pers-lahirkan-indonesia-yang-kuat-dan-dinamis-I9rW9nao1k.jpg

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri perayaan Hari Kebebasan Pers Sedunia 2017 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.  

Ia mengatakan, bahwa kebebasan pers melahirkan Indonesia yang semakin kuat dan dinamis. Menurut dia, kebebasan menyampaikan pendapat merupakan orientasi yang diinginkan pers Indonesia setelah menapaki era reformasi.

"Sejak krisis keuangan Asia pada 1997, ekonomi Indonesia meningkat 300 persen. Kami juga mengalami empat pergantian kepemimpinan dalam 20 tahun terakhir. Berdasarkan indeks global Indonesia dinobatkan sebagai negara yang masyarakat paling optimis di dunia," kata Jokowi di lokasi, Rabu (3/5/2017).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menilai kebebasan ‎pers Indonesia memiliki peran penting dalam kemajuan yang telah diraih pemerintah hingga saat ini. "Karena itu saya ingin katakan kepada pers internasional bahwa kami tak bisa melakukannya sendiri tanpa anda sekalian (media)," terang Jokowi.

Ia menjelaskan, era kebebasan pers Indonesia mulai terjadi setelah reformasi sekira pada tahun 1990. Kala itu, lanjut Jokowi, semangat kebebasan pers memainkan peran penting dalam mengontrol jalannya pemerintahan.

"Mereka (pers) berani meminta pertanggungjawaban dari pemerintah, melawan korupsi, dan kami semua terhibur. Demokrasi kan memang harus dinamis, anda media adalah teman kami. Media itulah yang membuat negara dan pemerintahan lebih dinamis lagi," jelasnya. (sym)

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini