Bangganya Sugeng Hariyono, Motor Pustakanya Dinaiki Presiden Jokowi

ant, · Rabu 03 Mei 2017 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 03 65 1681836 bangganya-sugeng-hariyono-motor-pustakanya-dinaiki-presiden-jokowi-WRNk5sZprJ.jpg Presiden Jokowi saat menaiki motor pustaka milik Sugeng. (Foto: Antaranews)

LAMPUNG TIMUR - Sugeng Hariyono, pegiat literasi asal Lampung yang diundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Negara mengaku bangga orang nomor satu di Indonesesia itu berkenan menaiki sepeda motor pustakanya yang digunakan sebagai perpustakaan keliling.


"Pak Jokowi berkenan menaiki motor pustaka yang saya bawa ke Istana Negara dan berfoto di atasnya," kata Sugeng melalui pesan singkat dari Jakarta, Selasa 2 Mei 2017.

Sugeng menuturkan, pertemuannya dengan Jokowi bersama dengan 38 pegiat literasi dari berbagai wilayah di Indonesia. Undangan itu dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Sugeng Hariyono adalah pegiat literasi asal Kabupaten Lampung Selatan yang diundang Presiden Jokowi ke Jakarta. Dia mewakili teman-temannya para pegiat literasi Armada Pustaka Lampung.

Menurut Sugeng yang dikenal dengan motor pustakanya itu, Presiden Jokowi mengaku senang bertemu dengan 38 pegiat literasi yang diundangnya.

"Presiden Jokowi mengaku senang sekali bisa bertemu dengan para pegiat literasi yang sebagian kisahnya sudah didengarnya, terutama dalam mendorong dan membuat masyarakat kita menjadi lebih pintar, menjadi lebih cerdas, menjadi lebih terbuka wawasannya dengan cara-cara memberikan bacaan," kata Sugeng.

Dia mengatakan dalam pertemuan itu, Jokowi mendengarkan setiap usulan dan keluhan dari para pegiat literasi. "Beliau mau mendengarkan cerita suka duka pegiat literasi dari perahu pustaka, kuda pustaka, motor pustaka, motor jamu pustaka, dan noken pustaka," kata dia lagi.

Jokowi pun berharap semakin banyak pegiat literasi atau pustaka bergerak menumbuhkan minat baca di tengah masyarakat. "Kata Beliau itu cara lebih efektif dalam menumbuhkembangkan minat baca masyarakat terutama kalangan anak-anak," ujar Sugeng.

Sugeng selama ini dikenal menggiatkan gemar membaca di daerahnya Kabupaten Lampung Selatan. Dengan mengendarai sepeda motor, dia biasa berkeiling ke desa-desa sambil membawa sejumlah buku.

Dengan motornya itu, dia menemui masyarakat dan anak-anak di desa demi menumbuhkan minat baca.

Pegiat literasi motor pustaka ini pun berkesempatan bertemu Presiden Jokowi setelah mendapat undangan dari pihak Istana bersama 37 pegiat literasi dari seluruh wilayah di Tanah Air.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini