Alat Berat Bersihkan Sampah Medis yang "Menggunung" di RSUD Jayawijaya

Agregasi Antara, Jurnalis · Kamis 04 Mei 2017 12:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 04 340 1682895 alat-berat-bersihkan-sampah-medis-yang-menggunung-di-rsud-jayawijaya-nQwdQNZglV.jpg ilustrasi (Foto: Ist)

WAMENA - Operator alat berat yang diinstruksikan oleh Wakil Bupati Jayawijaya, John Banua mulai membersihkan sampah medis dan nonmedis yang tiga tahun yang menggunung di halaman belakang RSUD Jayawijaya, Papua.

"Terkait sampah yang hampir tiga tahun tidak diangkut, saya mengambil kebijakan untuk alat berat menggali lubang dan sampah nonmedis ini kita akan kubur semua," kata John di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Kamis (4/5/2017).

Menurut Wabup, pemkab akan selalu bekerja sama dengan manajemen RSUD terkait peningkatan pelayananan kesehatan di rumah sakit itu agar masyarakat terlayani dengan baik.

"Kami juga mengharapkan warga yang datang ke RSUD tidak membuang sampah sembarangan, harus dibuang di tempat yang sudah disediakan agar mudah diangkut oleh petugas," katanya.

Sebelumnya, Direktur RSUD Jayawijaya, dr Felly G Sahureka mengatakan setelah menjabat direktur, ia mulai membersihkan sampah medis yang tiga tahun tertumpuk.

"Sampah nonmedis dan medis yang sudah dicampur itu, baru kali ini saya mulai memilah antara limbah medis dan nonmedis. Untuk limbah medis kita terus bakar setiap hari Senin-Sabtu," katanya.

Sementara untuk sampah nonmedis, kata Felly, sudah dipilah separuh dan kemudian dibuang di tempat pembuangan akhir (TPA).

"Untuk limbah nonmedis, kita bekerja sama dengan Badan Lingkungan Hidup sehingga setiap pagi mereka mengambil di depan rumah sakit," katanya.

Ditambahkannya, setelah sampah di lokasi itu sudah dibersihkan, akan segera dibangun tempat penampungan sementara agar sampah yang ditampung mudah dimusnahkan.

"Selama ini tidak ada tempat penampung yang baik, sehingga saat hujan, limbah terkenah basah dan pemusnahan yang menggunakan incinerator memakan banyak bahan bakar," tutup Felly.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini