Image

Antisipasi Kecelakaan, Polresta Pekalongan Giatkan Pemeriksaan Kelaikan Bus

Agregasi Antara, Jurnalis · Kamis, 4 Mei 2017 - 13:18 WIB
ilustrasi (Foto: Dok. Okezone) ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

PEKALONGAN - Polresta Pekalongan bersama Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menggiatkan pemeriksaan kelaikan bus sebagai upaya menekan angka kecelakaan di jalan raya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Pekalongan AKP Sugiyanto di Pekalongan, Kamis (4/5/2017) mengatakan, bahwa kegiatan itu merupakan salah satu bentuk meminimalisasi kecelakaan lalu lintas karena kendaraan yang tidak laik di jalan.

"Selama ini sebagian besar, kecelakaan yang terjadi di jalan raya akibat tidak laiknya angkutan umum, seperti bus. Oleh karena, kami akan mengintensifkan pemeriksaan kelaikan angkutan," kata dia.

Menurutnya, dari hasil pemeriksaan ini, tim gabungan menemukan ada dua dari 21 bus yang tidak layak mengangkut penumpang sehingga harus dikandangkan.

"Jika ada angkutan umum yang tidak laik jalan dipaksakan mengangkut penumpang maka sangat membahayakan bagi keselamatan mereka di jalan raya," katanya.

Ia yang didampingi Kepala Unit Dikyasa, Aiptu Sumiyanto mengimbau kepada pemilik bus agar memperbaiki kondisi bus yang tidak layak jalan itu.

"Kami minta pemilik bus harus memperhatikan kelaikan bus, seperti fungsi rem, kondisi ban bus, dan sarana keselamatan lainnya agar para penumpang merasa nyaman," katanya.

Ia menambahkan pemeriksaan kelaikan angkutan umum akan terus dilakukan hingga Lebaran mendatang sebagai upaya mengantisipasi kecelakaan di jalan raya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming