nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh! Pangandaran Masuk Daerah Risiko Tinggi Penularan HIV AIDS

Syamsul Maarif, Jurnalis · Senin 08 Mei 2017 13:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 08 525 1685943 waduh-pangandaran-masuk-daerah-risiko-tinggi-penularan-hiv-aids-AIsDruqmNI.jpg Ilustrasi

PANGANDARAN - Sebagai daerah wisata, Pangandaran masuk kategori daerah risiko tinggi penularan HIV AIDS se-Jawa Barat.

Kepala Bidang Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Yuzar IB Ismoto mengatakan, jumlah angka penyandang HIV AIDS se-Jawa Barat per Desember 2016 sebanyak 26.000 orang. "Faktor terjadi penularan HIV AIDS di antaranya disebabkan oleh penggunaan narkoba dengan jarum suntik dan prilaku seks bebas," kata Yuzar.

Yuzar menjelaskan, untuk Kabupaten Pangandaran kedua faktor tersebut sangat besar dan memungkinkan dilakukan, sehingga risiko penularan pun semakin tinggi. Yuzar berharap, masyarakat Pangandaran memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kesehatan terutama untuk melakukan pendeteksian sedini mungkin sebelum terindikasi gejala HIV AIDS.

Sementara Kepala Bidang Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yadi Sukmayadi mengatakan, hingga saat ini jumlah angka hasil pemeriksaan penyandang HIV AIDS di Kabupaten Pangandaran tercatat 49 kasus. "Dari angka temuan tersebut yang telah rutin melakukan pengobatan baru 22 orang," kata Yadi.

Yadi mengaku, jumlah 49 orang penyandang HIV AIDS tersebut keberadaanya bukan dari Kabupaten Pangandaran, namun ada juga yang berada dari luar daerah. "Kami kesulitan melakukan penanganan karena setelah diinvestigasi kelapangan, penyandang HIV AIDS ternyata bukan orang yang menetap di Pangandaran," tutur Yadi.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini