Share

Pelantikan Presiden Korsel Digelar Hari Ini

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Rabu 10 Mei 2017 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 10 18 1687579 hari-ini-moon-jae-in-dilantik-sebagai-presiden-korea-selatan-fBt8dlmprl.jpg Presiden terpilih Korsel dari Partai Demokrat Liberal, Moon Jae-in. (Foto: SCMP)

SEOUL - Moon Jae-in terpilih sebagai presiden Korsel untuk memimpin selama lima tahun ke depan. Kandidat dari Partai Demokratik Liberal itu menang setelah mendapatkan suara final sebanyak 40,3% atau total 11,7 juta suara dari total 13.964 tempat pemungutan suara (TPS).

Kemenangan Moon Jae-in tersebut, diumumkan Komisi Pemilihan Umum Korsel atau National Election Commission (NEC) pada Rabu 10 Mei 2017 sekira pukul 02.47 dini hari waktu setempat setelah nyaris sepuluh jam perhitungan. Rencananya, hari ini atau pada Rabu 10 Mei 2017, Moon akan langsung dilantik menjadi Presiden Korsel.

Tak hanya itu, ia juga akan langsung bertugas di Gedung Biru. Sebagaimana diketahui, gelaran pemilu Korsel kali ini diselenggarakan akibat keadaan darurat yakni adanya kekosongan kekuasaan. Hal ini tentunya berbeda dengan presiden-presiden sebelumnya yang tak langsung bertugas setelah dilantik. Sedangkan Moon dituntut untuk lebih cepat menyusun jajaran kabinetnya untuk menanggulangi kekosongan kekuasaan tersebut.

Beberapa waktu lalu, Korsel dipimpin sementara oleh Perdana Menteri (PM) Hwang Kyo-ahn setelah Mantan Presiden Park Geun-hye dimakzulkan pada 10 Maret 2017 setelah terlibat skandal korupsi. Selain mengakhiri kekosongan kekuasaan, kemenangan pria berusia 64 tahun itu juga menjadi momen kembalinya kekuatan politik liberal untuk berkuasa di Korsel setelah sepuluh tahun dikuasai oleh kalangan konservatif.

Moon Jae-in telah berpidato di hadapan publik terkait kemenangannya itu dan berjanji akan membuat Korsel sebagai negara yang hebat dan menjadi presiden yang dibanggakan rakyatnya. Ia juga berjanji akan memberikan tunjangan yang layak bagi warganya mulai dari usia dini hingga mereka yang berusia senja. Dan menciptakan sebanyak 810 ribu lapangan pekerjaan di sektor publik dan 500 ribu di sektor swasta selama lima tahun kepemimpinannya.

Tak sampai disitu, dalam pidatonya, isu penting seperti hubungan Korsel dengan musuh bebuyutannya Korea Utara (Korut) juga tak luput menjadi perhatian Moon. Pria lulusan Universitas Kyunghee itu berjanji akan memperbaiki hubungan kedua negara dengan akan berperan aktif untuk mendorong denukulirisasi Korut melalui dialog. Presiden Korsel itu juga mengungkapkan keinginannya untuk mengakhiri konflik yang telah berlangsung nyaris selama satu dekade. (rav)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini