Kunjungi Indonesia, Presiden Cile Bahas Penguatan Kerjasama Bilateral

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 11 Mei 2017 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 11 18 1688900 kunjungi-indonesia-presiden-cile-bahas-penguatan-kerjasama-bilateral-PgTNf0P22G.jpg Presiden Cile, Veronica Michelle Bachelet Jeria. (Foto: Reuters)

JAKARTA – Pemerintah Indonesia menerima kunjungan Presiden Republik Cile, Veronica Michelle Bachelet Jeria yang akan berkunjung ke Jakarta pada 11-12 Mei. Kunjungan Presiden Cile ke Indonesia ditujukan untuk membahas penguatan kerjasama bilateral antara kedua negara.

Berdasarkan keterangan pers Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (11/5/2017), dalam kunjungan kali ini, Presiden Bachelet akan memfokuskan pembahasan sejumlah kerjasama di bidang ekonomi dan perdagangan, kelautan serta perikanan dan sosial budaya.

Selama kunjungannya di Indonesia, Presiden Bachelet akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat, 12 Mei dan menghadiri seminar KADIN RI-Cile. Selain itu, Presiden Bachelet juga akan mengadakan pertemuan di Sekretariat ASEAN dan meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Cile merupakan mitra dagang terbesar ketiga Indonesia di wilayah Amerika Selatan. Pada 2016, perdagangan antara RI  dan Chile mencapai angka  USD227 juta atau sekira Rp3 triliun. Potensi perdagangan bilateral kedua negara dapat ditingkatkan dengan Rencana Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA) RI-Chile yang saat ini sedang dinegosiasikan oleh kedua negara.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini