Kapolrestabes Medan Dilaporkan ke Komnas HAM

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Jum'at 12 Mei 2017 21:40 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 12 340 1689827 kapolrestabes-medan-dilaporkan-ke-komnas-ham-0ktlA5Frd5.jpg Ilustrasi Okezone

MEDAN - Kepala Polrestabes Medan, Kombes Sandi Nugroho, dilaporkan ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Kompas HAM). Sandi dilaporkan terkait tindak kekerasan terhadap sejumlah mahasiswa yang ditangkap dan ditahan pasca kericuhan pada saat aksi unjukrasa peringatan hari pendidikan nasional 2 Mei 2017 lalu.

"Pemeriksaan tidak seharusnya dilakukan dengan kekerasan hingga salah seorang mahasiswa sampai muntah darah. Ini sudah laporkan ke Komnas HAM dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas)," ujar Staf Advokasi Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Medan, Ronald Syafriansyah, Jumat (12/5/2017).

Selain memperkarakan proses pemeriksaan dan penahanan, KontraS juga akan mempraperadilankan Kapolrestabes Medan terkait proses penangkapan para mahasiswa dan penggeledahan sejumlah sekretariat organisasi mahasiswa oleh kepolisian, yang disebut-sebut tanpa surat penangkapan dan penggeledahan.

"Kemungkinan Senin pekan depan akan kita sampaikan gugatannya ke Pengadilan Negeri Medan. Ini kita masih bekerja mengumpulkan seluruh keterangan untuk berkas gugatannya," tandas Ronald.

Sebelumnya diberitakan, aksi unjuk rasa peringatan hari pendidikan nasional berujung ricuh hingga terjadinya penganiayaan terhadap seorang oknum polisi yang menyusup ke barisan mahasiswa. Dalam penganiayaan itu oknum polisi itu kehilangan dompet dan borgol.

Pasca kericuhan itu, tiga mahasiswa diamankan. Aksi penangkapan mahasiswa berlanjut pada penggeledahan dua sekretariat organisasi mahasiwa.

Dalam penggeledahan itu sebanyak tujuh orang sempat ditangkap dan diinterogasi polisi. Namun mereka akhirnya dibebaskan.

Sampai saat ini tiga mahasiswa yang ditangkap sejak awal kerusuhan masih ditahan. Satu diantaranya dibawa ke rumah sakit karena mengalami muntah darah.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini