China-Vietnam Sepakat Redam Ketegangan LCS

Emirald Julio, Okezone · Senin 15 Mei 2017 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 15 18 1691759 china-vietnam-sepakat-redam-ketegangan-lcs-BkRz8r1tzt.jpg Foto Pulau Spratly di Laut China Selatan yang menjadi bagian dari wilayah yang diperebutkan (Foto: Reuters)

BEIJING – China dan Vietnam sepakat untuk mengatur dan mengontrol dengan tepat sengketa Laut China (LCS) yang melibatkan kedua negara tersebut agar tidak menyebabkan ketegangan yang semakin meluas. Hal tersebut disampaikan kedua negara melalui pernyataan bersama.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Senin (15/5/2017), pada pernyataan bersama itu dibahas mengenai dialog antara Presiden China Xin Jinping dan Presiden Vietnam Tran Dai Quang yang diadakan pada pekan lalu. Dialog itu disebut berjalan positif dan menekankan mengenai kontrol perbedaan kedua negara terkait LCS.

Pada pernyataan tersebut disampaikan bahwa China dan Filipina sepakat untuk sama-sama mengelola dan mengendalikan sengketa wilayah maritim tersebut. “Tidak mengambil tindakan apa pun yang akan mempersulit atau memperluas sengketa dan menjaga perdamaian serta stabilitas di LCS,” tulis pernyataan bersama tersebut.

Kedua negara disebut sudah saling bertukar pandangannya yang jujur serta mendalam mengenai isu-isu maritim dan sepakat untuk menggunakan mekanisme perundingan perbatasan yang ada demi mencari resolusi yang dapat bertahan lama.

Sengketa LCS terus berlarut-larut karena klaim China yang menyebut 90% wilayah di perairan tersebut sebagai bagian dari teritorinya. Hal ini tentu saja ditentang oleh Vietnam, Brunei, Malaysia, Filipina, dan Taiwan yang juga mengklaim LCS sebagai wilayah kedaulatan mereka. Namun di bawah kepemimpinan Presiden Rodrigo Duterte, posisi Filipina lebih melunak terkait LCS karena ia enggan sengketa itu meluas menjadi konflik bersenjata.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini