Image

Wali Kota Teheran Mundur dari Pencalonannya dalam Pilpres Iran

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa, 16 Mei 2017 - 01:01 WIB
Selebaran bargambar kandidat Presiden Iran Ebrahim Raisi dibagikan. (Foto: EPA) Selebaran bargambar kandidat Presiden Iran Ebrahim Raisi dibagikan. (Foto: EPA)

TEHERAN – Wali Kota Teheran, Mohammad-Bahgar Ghalibaf menyatakan mundur dari pencalonannya sebagai salah satu kandidat dalam pemilihan presiden (pilpres) Iran. Hal itu dilakukannya untuk memberi dukungan dalam kampanye kandidat garis keras lainnya, Ebrahim Raisi.

Ebrahim Raisi adalah kandidat favorit untuk meneruskan posisi Pemimpin Besar Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Kemenangan dalam pilpres kali ini akan memperkuat posisi itu dan membuka jalan untuk kemungkinan suksesi sementara kekalahan akan membunuh peluangnya.

“Kita harus membuat keputusan fundamental untuk menciptakan persatuan di front revolusi dan saya memanggil para pendukung saya di seluruh negeri untuk keluar dan mendukung saudara saya Ebrahim Raisi dan membuatnya berhasil membentuk pemerintahan kerja yang bermartabat,” kata Ghalibaf dalam pengumuman pengunduran dirinya sebagaimana dilansir dari Guardian, Selasa (16/5/2017).

Sebelumnya Ghalibaf telah dua kali gagal dalam pilpres Iran. Pada 2013 dia disingkirkan oleh Hassan Rouhani yang berhasil memenangkan pilpres dalam satu putaran dengan perolehan 50,71 persen.

Berdasarkan sistem yang berlaku di Iran, jika tidak ada kandidat yang mendapat lebih dari 50 persen suara pada pemungutan suara putaran pertama, dua kandidat dengan suara terbanyak akan berhadapan pada putaran kedua. Sejauh ini, Raisi dan Rouhani menjadi dua kandidat favorit dalam pilpres Iran 2017.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming